Jika Ganti Kaliper Lebih Besar, Apakah Harus Upgrade Master Rem?

Kompas.com - 23/08/2021, 11:12 WIB
Kaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP Styria Crash.netKaliper rem depan terbaru Brembo yang diperkenalkan di MotoGP Styria

SOLO, KOMPAS.com - Sistem pengereman pada sepeda motor merupakan salah satu bagian penting yang menunjang kemanan dan keselamatan berkendara. Banyak pemilik motor meng-upgrade sistem pengereman pada motor mereka.

Baca juga: Micro Bus Super Mewah Buatan Adiputro, Pakai Kursi Selonjor

Salah satu yang dapat dilakukan yakni mengganti kaliper rem dengan yang lebih besar. Misalnya, kaliper bawaan hanya memiliki satu atau dua piston kemudian diganti dengan 4 piston.

Dengan mengganti kaliper yang lebih besar, apakah perlu juga untuk mengupgrade master rem?

BMW R NineT didukung anti-lock braking system (ABS) dan rem cakram ganda yang dijepit rem Brembo dengan kaliper 4-piston.Febri Ardani/KompasOtomotif BMW R NineT didukung anti-lock braking system (ABS) dan rem cakram ganda yang dijepit rem Brembo dengan kaliper 4-piston.

Menanggapi hal itu, Feri Firmansyah selaku mekanik bengkel Bandit Racing Engines di Sukoharjo, Jawa Tengah mengatakan, pengunaan master rem standar sebenarnya tidak masalah, namun akan lebih baik jika master rem juga ikut diganti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ketika Aspal Sirkuit Mandalika Sudah Lebih Dulu Dijajal Tukang Sayur

"Sebenarnya kalau menggunakan master rem standar masih bisa, namun kerjanya tidak terlalu maksimal karena tekanan yang dibutuhkan juga berbeda," kata Feri kepada Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

Jika menggunakan kaliper yang lebih besar, otomatis tekanan yang diperlukan juga akan lebih besar dibandingkan kaliper standar. Untuk itu, sebaiknya gunakan master rem yang dapat menghasilkan tekanan yang sesuai dengan kalipernya sehingga pengereman dapat maksimal.

Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.Ghulam/Otomania Master rem yang disediakan di toko ARM Motor.

"Kalau mau lebih maksimal untuk pengeremannya lebih baik diganti juga master remnya," kata Feri.

Baca juga: Lin Jarvis Beberkan Soal Kelemahan Vinales di Yamaha

Mengingat fungsi pengereman merupakan salah satu yang menyangkut keamanan dan keselamatan berkendara, sebaiknya harus dipikirkan mengenai penggantian kaliper dan master rem agar tidak sia-sia.

Selain itu, jika ingin upgrade sistem pengereman, Feri menyarankan untuk memakai sistem pengereman yang sesuai dengan kapasitas mesin kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.