Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panik Dikejar Anjing, Pengguna Motor Ini Tabrak Pagar Rumah

Kompas.com - 21/08/2021, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik pengendara motor wanita menabrak pagar rumah warga akibat dikejar anjing.

Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun instargram @dashcam indonesia, Sabtu (21/8/2021).

Pada awalnya tampak dua orang wanita yang sedang mengobrol di dalam garasi pagar rumah yang terbuka. Selang beberapa detik meluncur motor yang dikendarai oleh wanita dalam kecepatan tinggi hingga menabrak pagar.

Baca juga: Mobil Listrik BMW iX dan Mini E Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Kejadian tersebut terjadi diduga karena pemotor wanita itu tidak bisa mengontrol kecepatannya karena panik dikejar anjing. Bahkan setelah pengendara motor itu terjatuh, suara anjing masih terdengar dari luar garasi.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani mengatakan, jika biker berkendara sepeda motor dalam keadaan panik memang akan berakibat fatal karena tidak akan fokus untuk mengendalikan kendarannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Dalam kasus dikejar anjing seperti ini, fokus mereka hanya kebelakang saja. Bagaimana caranya supaya jangan sampai digigit,” kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

Untuk itu jika tiba-tiba ada binatang seperti anjing yang mengejar saat berkendara, Agus menyarankan, biker untuk tidak panik panik, agar kita tetap bisa mengontrol kendaraan dengan aman.

Baca juga: Pebalap Muda dan Modifikator Siap Ramaikan Honda Sport Motoshow 2021

“Kemudian jangan langsung tancap gas, karena biasanya anjing yang mengejar jika mendekat hanya menggonggong saja tidak langsung menyerang kita,” kata dia.

Selanjutnya, Agus mengingatkan, pandangan biker harus tetap fokus kedepan.

“Apabila kita ingin menghindari anjing tersebut dan cari bantuan ketempat yang aman, kuncinya sebenarnya adalah tidak panik saat mengalami situasi seperti itu agar kita dapat berpikir dengan baik dan melakukan tindakan yang aman,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com