Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Potensi Toyota Indonesia Mau Ekspor Raize GR Sport

Kompas.com - 20/08/2021, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu yakni Raize dan Rocky memang berencana mau ekspor mulai Agustus 2021. Nantinya, produk yang diproduksi di pabrik Daihatsu Karawang ini akan bernaung di bawah produk ekspor Toyota Indonesia, seperti model ekspor lain.

Namun, untuk varian yang akan diekspor sedikit berbeda dengan Raize yang ada di Indonesia. Misalnya untuk varian GR Sport, saat ini hanya ada di Indonesia, masih belum diekspor.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor mengatakan, ada potensi ekspor untu varian Raize GR Sport. Bahkan sudah mulai dikembangkan bahkan beberapa negara sudah ada yang menanyakan.

Baca juga: Suzuki Carry Dikejar Harimau, Ban Mobil Digigit Sampai Kempis

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

“Saya dengar negara lain juga mau jual (Raize GR Sport), ada beberapa yang menanyakan. Seperti minta sampel, gambar, harga, jadi sudah ada negara lain yang berminat,” ucap Anton dalam sesi tanya jawab virtual, Kamis (19/8/2021).

Anton belum bisa membeberkan negara mana saja yang berminat menjual Raize GR Sport. Hal ini dikarenakan dari pihak negara tadi belum melakukan konfirmasi, tapi potensinya sangat besar.

“Saya rasa produk Indonesia cukup berkualitas dan harganya juga kompetitif. Mudah-mudahan bisa diterima di negara lain,” kata Anton.

Baca juga: Desain Race Control Sirkuit Mandalika dengan Atap Ikonik

Jadi negara yang sudah meminta sampel tadi akan mempelajari dahulu, apakah cocok untuk dijual atau tidak. Namun biasanya jika sudah meminta sampel seperti tadi, Anton mengatakan mereka sudah tertarik.

“Jadi mudah-mudahan akan terealisasikan, tapi saya belum bisa mengatakan negara mana dan kapan. Kita menunggu jawaban dari mereka, kalau mereka berminat dan confirm, kita akan sampaikan lebih lanjut,” ucapnya.

Bukan cuma Raize, Anton berharap produk lainnya juga bisa diminati oleh negara lain. Menjadi sebuah kebanggaan ketika melihat produk dalam negeri bisa ekspor ke negara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com