Ingat, Jangan Menyalip Saat Marka Jalan Garis Tidak Putus

Kompas.com - 17/08/2021, 14:21 WIB
Blind spot truk detikotoBlind spot truk

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai motor dekat dengan truk memang suatu hal yang menyeramkan. Tidak jarang motor masuk dalam blind spot truk sehingga rawan terjadi senggolan yang berakibat kecelakaan.

Jadi sebagai pengendara motor, jangan terlalu lama berada di dekat truk, jika memungkinkan, segera mendahuluinya. Namun ada saja kondisi di mana jalanan sempit, ketika mau menyalip dari kanan, ada marka jalan garis tidak putus.

Seharusnya, ketika melihat marka jalan garis tidak putus, tidak disarankan untuk memotongnya. Namun berada di belakang truk dalam waktu yang lama juga berbahaya. Jadi jika kondisinya seperti itu, apakah aman tetap memaksa menyalip dan memotong marka?

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Pilih Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018 tentang Marka Jalan.Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018 tentang Marka Jalan. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 67 Tahun 2018 tentang Marka Jalan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, marka jalan dibuat untuk meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan keselamatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pengendara motor harus paham arti serta bahayanya. Marka jalan tidak putus menandakan tidak boleh menyusul sekalipun bisa, karena pertimbangan risiko bahaya, seperti di tikungan, jembatan atau lokasi yang ramai,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian untuk meminimalisir bahaya berada di belakang truk, pengendara motor harus menjaga jarak yang aman. Pastikan motor bisa terlihat oleh pengemudi truk dan mendahului ketika kondisi jalan aman dan di tempat yang diperbolehkan.

Baca juga: Harga Baru Daihatsu Terios di Solo, Jawa Tengah

“Sebenarnya bisa menyalip dari kiri jika berada di jalan yang memiliki dua lajur, asalkan ada ruang yang aman dan melakukan komunikasi,” kata Sony.

Komunikasi yang dilakukan pengendara motor yaitu dengan menyalakan klakson serta melihat ke arah spion truk atau bus, apakah sopirnya tau akan keberadaan kita. Karena motor akan sulit terlihat jika masuk ke blind spot truk dan bus.

“Bahaya terbesar motor adalah tidak terlihat dan efek angin dari truk atau bus. Kalau ada kesempatan, ruang, kecepatan, dan jalan yang rata, segera mendahului diawali dengan komunikasi berupa klakson dan lampu,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.