Setahun Terjun ke Sepeda Listrik, Bagaimana Penjualan e-Bike Viar?

Kompas.com - 16/08/2021, 18:31 WIB
Viar Panama Foto: IstimewaViar Panama
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pertengahan tahun lalu, di tengah pandemi Covid-19, Viar Motor Indonesia melebarkan sayap dengan terjun di segmen sepeda listrik atau e-Bike.

Selama setahun ada lima model sepeda listrik yang diluncurkan, yaitu Akasha dan Uno pada Agustus 2020, Panama pada September, kemudian Orion pada Desember, dan Caraka pada Januari 2021.

Baca juga: Stok Toyota Rush TRD Sportivo Masih Ada, Diskon Rp 8 Juta

Viar CarakaFoto: Viar Viar Caraka

Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia mengatakan, penerimaan sepeda listrik di masyarakat cukup baik. Permintaannya sempat tinggi mesti turun lagi ketika PPKM.

"Justru ini selama pandemi baggus, kecuali PPKM sebab PPKM sampai tanggal 16 Agustus 2021 tidak bisa apa-apa. Kalau dihitung sebelum PPKM kontribusinya bagus dan permintaan lebih tinggi," kata Frengky kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Meski demikian Frengky enggan menyebut sudah berapa penjualan e-Bike Viar selama ini. Dia hanya menyebut penjualan sepeda listrik cukup bagus selama masa pandemi.

Baca juga: Mengenal Skutik Serba Kotak Yamaha Qbix

Viar OrionFoto: Istimewa Viar Orion

Saat ini merek asal Indonesia tersebut masih fokus pada kendaraan niaga yang secara permintaan paling besar. Kemudian baru disusul oleh motor listrik.

"Untuk saat ini kita memang masih fokus roda tiga atau kita sebut kendaraan niaga, karena memang itu permintaannya tetap ada dan tidak terlalu terganggu," kata Frengky

"Di (segmen) motor listrik, kita sudah kerjasama dengan Grab, sedangkan untuk roda dua konvensional yang agak kurang bagus (menurun)," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.