Penerapan Ganjil Genap di Karawang Dibatalkan

Kompas.com - 14/08/2021, 16:22 WIB
Ilustrasi sistem ganjil genap kendaraan. KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAIlustrasi sistem ganjil genap kendaraan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, membatalkan penerapan pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap nomor polisi (nopol) di wilayah perkotaan.

Kepala Dinas Perhubungan Karawang Arif Bijaksana Maryugo menyatakan, pembatalan tersebut dilakukan atas dasar masukkan dan saran masyarakat setempat.

Lebih jauh, kebijakan ganjil genap kendaraan yang merupakan hasil keputusan rapat bersama antara Polri dan Pemkab Karawang pada Jumat (13/8/2021) itu dibatalkan atas arahan dan petunjuk bupati.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di Cirebon, Tapi Tanpa Sanksi Tilang

Ilustrasi lalu lintas macet KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi lalu lintas macet

Pada awalnya, penerapan ganjil genap direncanakan akan digelar selama lima hari, yakni pada Sabtu (14/8/2021) sampai Rabu (18/8/2021), di Jalan Tuparev-Kertabumi, mulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB dan 16.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Kebijakan ini bertujuan untuk membatasi mobilitas masyarakat pada masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Karawang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun setelah kabar rencana penerapan ganjil genap kendaraan itu beredar di grup WhatsApp dan meriuh media sosial, Dinas Komunikasi dan Informatika melalui akun media sosialnya menyampaikan kalau ganjil genap tidak jadi dilaksanakan.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di Cirebon, Tapi Tanpa Sanksi Tilang

Mantan Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari ikut berkomentar dan ia menilai kalau penerapan ganjil genap kendaraan di Karawangmerupakan aturan yang rumit.

"Pencegahan Covid-19 sekarang ini, fokus saja vaksinasi. Itu lebih baik daripada menerapkan aturan yang rumit," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.