Cara Buat Ban Serep Truk Terhindar dari Pencurian

Kompas.com - 11/08/2021, 11:22 WIB
Ban serep truk TUNASJAYABANBan serep truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan pada umumnya memiliki ban serep, baik model mobil penumpang, maupun kendaraan niaga seperti truk. Ban serep ini tentu digunakan saat ban utama mengalami bocor, sehingga kendaraan bisa kembali berjalan.

Pada mobil penumpang, ban serep biasanya terdiri dari dua model, space safer yang punya ukuran lebih kecil dari standar. Kemudian, satu lagi dengan ukuran yang sama yang digunakan.

Untuk truk, biasanya ukuran ban serep dengan ban yang digunakan sama.

Ban serep truk, biasanya memakai ban yang sudah divulkanisir atau ban original yang telapaknya sudah sangat tipis. Pasalnya, fungsi ban serep yang sebenarnya hanya untuk melanjutkan perjalanan truk dari tempat kejadian ke pool atau garasi terdekat.

Baca juga: 6 Motor Honda yang Bertatih-tatih karena Penjualan Lesu

Ban trukmarissban.com Ban truk

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, fungsi ban serep hanya sebagai pemain pengganti saja, jadi setelah ban yang bocor diperbaiki, ban serep akan kembali dilepas.

“Jadi ban yang aslinya, yang sudah diperbaiki atau diganti baru akan kembali terpasang. Sedangkan ban serep, akan kembali menjadi ban cadangan,” kata Bambang kepada Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Honda Luncurkan Skuter Listrik U-Go, Harga Rp 16 Jutaan

Kondisi ban serep yang kurang bagus ini sebenarnya juga terkait dengan maraknya aksi pencurian ban serep. Jika kondisi ban serep masih bagus, akan sangat menarik perhatian pencuri.

“Karena harga jual ban original (belum divulkanisir) walau sudah pernah terpakai namun masih tebal telapaknya, tentu akan lebih mahal dari ban vulkanisir,” ucap Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.