Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP Styria 2021, Jorge Martin Juara, Rossi Finis Ke-13

Kompas.com - 08/08/2021, 20:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri ke-10 MotoGP 2021 yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, dapat dikuasai oleh pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin, pada balapan Minggu (8/8/2021).

Melalui persaingan sengit dengan rival-rivalnya di barisan depan, seperti Joan Mir dan Fabio Quartararo, Martin berhasil naik podium utama.

Jorge Martin yang start dari pole position langsung memimpin jalannya balapan. Namun, tak berlangsung lama karena Francesco Bagnaia langsung menyalipnya lagi.

Sedangkan di belakangnya, ada pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir yang mulai menggunakan ride height device.

Tak disangka, Marc Marquez berhasil naik ke posisi ketiga pada lap kedua. Persaingan keras mulai ditunjukkan, Marquez merosot lagi ke posisi keenam setelah disalip oleh Fabio Quartararo, Mir, Maverick Vinales, dan Martin.

Pada lap ketiga, balapan harus terhenti karena red flag dikibarkan menyusul insiden antara pebalap wild card Red Bull KTM Dani Pedrosa dengan pebalap Aprilia, Lorenzo Savadori.

Terlihat motor Savadori terbakar di tengah sirkuit setelah menabrak motor Pedrosa. Savadori terlihat harus mendapat perawatan medis akibat insiden ini.

Balapan kembali dimulai setelah sirkuit dibersihkan dan posisi start seperti semula, bukan posisi akhir sebelum red flag berkibar.

Balapan juga akan dimulai dengan 27 lap tersisa. Saat akan mulai balapan kembali, motor Vinales mendadak mati dan terpaksa start dari pitlane.

Jack Miller mengambil alih jalannya balapan, diikuti Martin dan Mir di belakangnya. Sedangkan Quartararo, bertahan di posisi keempat dan Johann Zarco di posisi kelima pada lap pembuka race 2.

Beberapa lap kemudian, Martin berhasil menyalip Miller dan memimpin di depan. Di saat yang bersamaan, Zarco juga menyalip Quartararo, tapi berhasil dipertahankan lagi oleh pebalap dengan nomor start 20 tersebut.

Saat balapan tersisa 21 lap, Miller yang sudah merosot ke posisi ketiga semakin merosot setelah disalip oleh Quartararo.

Jorge Martin di Red Bull RingTWITTER/@88JORGEMARTIN Jorge Martin di Red Bull Ring

Quartararo menjadi satu-satunya pebalap Yamaha di posisi 10 besar ini yang mulai mengejar Martin dan Mir.

Sayangnya, Martin dan Mir sudah berada di depan cukup jauh dengan unggul 2 detik. Keduanya juga bertahan di posisi masing-masing selama beberapa lap.

Saat balapan tersisa 10 lap, Martin terus memperbesar jarak dengan Mir. Quartararo juga semakin tertinggal dengan selisih 3,7 detik. Pada lap yang sama, Miller terjatuh saat mengejar Quartararo.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com