Marquez Incar Kemenangan Pertama di Sirkuit Red Bull Ring

Kompas.com - 05/08/2021, 09:42 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP) RONNY HARTMANNMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah meraih kemenangan di 21 sirkuit berbeda. Masih ada beberapa sirkuit yang belum ditaklukkannya dan salah satunya adalah Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Marquez berhasil jadi juara dunia MotoGP enam kali dari tujuh musim yang diikutinya, antara 2013 dan 2019. Total sudah ada 83 kemenangan diraihnya dan 57 di antaranya didapat di kelas MotoGP.

Baca juga: Jelang MotoGP Styria 2021, Kondisi Marquez Sudah Lebih Baik

Tapi, pebalap Repsol Honda Team tersebut masih belum bisa meraih kemenangan di Sirkuit Red Bull Ring. Sirkuit tersebut kembali menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2016 lalu.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada sesi latihan bebas MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (18/6/2021).AFP/RONNY HARTMANN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada sesi latihan bebas MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (18/6/2021).

Pada 2016, Marquez finis di posisi kelima. Lalu, sejak 2017 hingga 2019, selalu berada di urutan kedua. Dia kalah dari Andrea Dovizioso pada 2017 dan 2019, sedangkan 2018 kalah dari Jorge Lorenzo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Musim 2020, Marquez absen karena cedera patah tulang. Dia digantikan oleh test rider Honda, yakni Stefan Bradl.

Baca juga: Hadapi GP Styria, Marc Marquez Curhat Motornya Belum Sempurna

"Sejujurnya, saya harus akui saya tidak tahu apa strategi balap terbaik untuk menang di Spielberg, saya tidak pernah melakukannya di sirkuit ini," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Rabu (4/8/2021).

Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit JerezDok. @hrc_motogp Marc Marquez saat sesi tes di Sirkuit Jerez

Meski demikian, Marquez mengaku menyukai trek tersebut. Menurutnya, sirkuit ini dikelilingi alam yang bagus, seperti Sirkuit Phillip Island, Australia.

"Ada tikungan besar dan Anda harus memahami setiap saat tikungan tersebut memiliki camber, atau saat memasuki tikungan yang menurun dan lalu menanjak saat keluar, perpindahan bobot pada motor cukup dapat dirasakan," kata Marquez.

Marc Marquez di SachsenringTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Sachsenring

Selain elevasi yang dimiliki sirkuit tersebut menarik menurut Marquez, salah satu yang menantang lainnya adalah soal ban dan konsumsi bahan bakar.

"Saya tidak punya ekspektasi tinggi. Saya hanya ingin melihat bagaimana saya merasakan dan apakah saya sudah meningkat dari segi sensasi, fisik, dan juga dengan tangan," ujar Marquez.

Meski demikian, Marquez mengaku dirinya merasa semakin membaik dengan motor di tiap serinya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.