Airbag Tidak Selalu Mengembang Saat Terjadi Tabrakan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 02/08/2021, 10:12 WIB
Airbag Honda Airbag Honda

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya merupakan tempat bagi kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat atau lebih. Kecelakaan baik dari faktor diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan tidak dapat dielakkan bagi pengguna jalan raya.

Bagi pengguna kendaraan roda empat, ada beberapa fitur yang menunjang keselamatan berkendara di jalan raya. Salah satu fitur tersebut, yakni airbag.

Baca juga: Sudah Bulan Agustus, Pemilik Skutik Ini Harus Siap-siap Punya SIM CI

Airbag merupakan salah satu fasilitas keamanan yang dimiliki oleh setiap kendaraan roda empat. Bahkan sudah ada rencana untuk mengembangkan airbag bagi kendaraan roda dua.

Sudah banyak kendaraan zaman sekarang yang diproduksi dengan kelengkapan fasilitas keamanan tersebut.

Airbag tidak hanya dipasang pada bagian sopir dan penumpang depan saja, namun sudah terpasang di beberapa titik untuk megurangi risiko benturan saat terjadi kecelakaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.TAM Toyota Camry baru dengan airbag lengkap.

Lantas apakah airbag akan selalu mengembang ketika terjadi benturan pada mobil? Menanggapi hal ini, Dealer technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tidak semua tabrakan atau benturan yang terjadi bisa membuat airbag mengembang.

“Ini yang harus dipahami, bahwa tidak semua tabrakan airbag akan mengembang, tapi yang utama harus menggunakan sabuk pengaman,” kata Didid kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Video Viral Truk Lawan Honda Jazz, Enggak Ada yang Mau Ngalah

Didi menambahkan airbag hanya akan bisa mengembang ketika sensor yang ada pada bagian depan terbaca oleh Electronic Control Unit (ECU).

Sehingga, meskipun mobil yang dikemudikan mengalami kecelakaan atau benturan parah tidak menjamin airbag bisa mengembang.

“ECU akan membaca dari sensor, apakah bisa mengambangkan airbag atau tidak karena banyak faktor pendukungnya,” katanya.

Ilustrasi SRS AirbagIstimewa Ilustrasi SRS Airbag

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.