Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Bus Listrik Pertama Mayasari Bakti, Pakai Sasis BYD

Kompas.com - 30/07/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu operator bus TransJakarta, Mayasari Bakti memberikan teaser bus listrik yang akan digunakan lewat akun Instagram PT Mayasari Bakti Group.

Berselang satu hari, ada video terbaru yang memperlihatkan bus listrik berkelir oranye milik Mayasari Bakti. Kelihatannya bus ini akan digunakan sebagai bus perkotaan berlantai rendah dengan panjang 12 meter.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari situs e-katalog LKPP, bus milik Mayasari bakti ini menggunakan sasis BYD K9. Selain itu, untuk bodinya juga masih buatan BYD, bukan dari karoseri di Indonesia.

Baca juga: Permintaan Marc Marquez buat Hadapi Kecepatan Yamaha dan Ducati

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Mayasari Group (@pt_mayasaribaktigroup)

 

Untuk spesifikasinya, BYD K9 punya kapasitas baterai sebesar 324 kWh. Menggunakan AC Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 300 kW atau setara 402 TK dan torsi 1.100 Nm.

Belum ada informasi kapan bus listrik Mayasari Bakti ini akan mulai beroperasi. Namun setidaknya untuk tipe BYD K9 ini sudah lolos uji coba bus listrik yang dilakukan oleh PT Transportasi Jakarta pada tahun 2020.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhonny Tjitrokusomo mengatakan, bus BYD yang telah diuji secara komersial, artinya digunakan di rute TransJakarta sudah sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh ATPM.

Baca juga: Sinar Jaya Rombak Bus Lama Jadi Legacy SR2 Single Glass S Series

“Sesuai spesifikasi, artinya charging time-nya sesuai, kilometer tempuhnya juga. Lalu ritase yang kita ekspektasi juga sama. Namun hal-hal yang sifatnya prediktif, yang belum bisa dibuktikan,” ucap Jhonny kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Hal yang prediktif misalnya seperti klaim usia baterai yang tahan delapan tahun. Karena uji coba yang singkat juga, jadi tidak bisa memprediksi soal usia pakai baterai, bisa lebih atau kurang dari klaim ATPM.

Transjakarta uji coba dua bus BYDDok. Transjakarta Transjakarta uji coba dua bus BYD

“Secara teknis dan komersial, TransJakarta menyatakan bahwa kita bisa menerima hasil yang baik dari tes yang dilakukan. Selama tes uji coba tidak ada kendala sama sekali,” kata Jhonny.

Mari kita tunggu bus listrik lainnya yang akan mengaspal di Indonesia. Misalnya dengan sasis lain seperti Skywell, Zhong Tong, MAB, Higer, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com