Membandingkan Interior Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

Kompas.com - 23/07/2021, 10:22 WIB
DFSK Gelora blind van DFSKMOTORS.CO.IDDFSK Gelora blind van

JAKARTA, KOMPAS.comBlind van merupakan sebuah kendaraan niaga kecil yang bisa digunakan untuk ekspedisi, catering, dan sebagainya. Ukurannya yang kompak, membuat blind van jadi pilihan kendaraan untuk digunakan di perkotaan.

Kali ini Kompas.com sedang membandingkan dua blind van yang ada di Indonesia, pertama ada Daihatsu Gran max dan satu lagi DFSK Gelora. Secara eksterior, Gelora punya dimensi yang sedikit lebih besar dan bentuknya lebih mengotak.

Sedangkan Gran Max punya desain keseluruhan yang lebih membulat, namun bagian bumper depan dan belakang belum sewarna dengan bodi. Selain bagian eksterior, pada artikel ini akan dibahas bagian interior dari kedua blind van ini.

Baca juga: Cek Lagi Keunggulan Motor Bebek Yamaha MX King

Daihatsu Gran Max di Jepanghttps://car.watch.impress.co.jp/ Daihatsu Gran Max di Jepang

Untuk kabin pengemudi, sebenarnya tidak banyak kemewahan yang disediakan, karena memang fungsinya sebagai kendaraan barang. Namun setidaknya, bagian interior juga tetap dibuat nyaman untuk pengemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal desain, kabin pengemudi milik Gelora bisa dibilang lebih modern, sedangkan Gran Max agak monoton dengan desain mengotak. Bahan dasbor pun memakai plastik keras serta bagian door trim yang dilapis dengan vinil.

Selain itu di bagian kabin Gelora punya fitur lebih banyak dari Gran Max. Misalnya power window, takometer di speedometer, dan pengatur arah semburan AC, Gran Max blind van tidak memiliki ketiga hal tersebut.

Baca juga: Toyota, Suzuki, dan Daihatsu Kerja Sama Bikin Mobil Listrik Komersial

Namun, posisi tuas transmisi Gran Max ada di dasbor yang memudahkan pengemudi untuk mengoperasikannya dan menciptakan ruang lapang antara supir dan penumpang depan. Sedangkan Gelora, posisi tuas transmisinya masih di bawah, seperti mobil pada umumnya.

Kemudian, keduanya sudah dilengkapi dengan AC, head unit single din, dan bangku yang bisa diatur kerebahannya. Tetapi, lagi-lagi Gelora punya fitur yang lebih banyak, yaitu head rest yang bisa diatur, sedangkan Gran Max modelnya menyatu dengan bangku.

Beralih ke kabin belakang, di mana menjadi hal yang penting, soal luasnya kabin. Gelora punya panjang kabin belakang 2,63 meter. Kemudian soal volume di kabin kedua belakang Gelora sebesar 4,8 meter kubik atau 4.800 liter.

DFSK Gelora EKOMPAS.com - Aditya Maulana DFSK Gelora E

Selain itu, pada Gelora juga ditambah penyekat dari besi yang memisahkan kabin pengemudi dan barang. Sedangkan untuk Gran Max, punya panjang kabin belakang sekitar 2,05 meter dan volume 4.000 liter.

Bisa dikatakan, dengan harga Rp 169 juta, DFSK Gelora punya fitur lebih banyak di kabin pengemudi serta kabin belakang yang lebih luas dari Gran Max yang dibanderol Rp 160,85 juta.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.