Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Patokan Perawatan CVT Motor Matik

Kompas.com - 21/07/2021, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAScom - Salah satu bagian yang perlu diperhatikan pada motor matik ialah bagian Continuously Variable Transmission atau CVT yang merupakan penerus daya ke roda.

CVT merupakan komponen pada skutik berupa alat penggerak otomatis sehingga motor tidak perlu memindahkan gigi atau persneling.

Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers Yamaha, mengatakan, menjaga kesehatan CVT akan berpengaruh pada performa motor keseluruhan.

Baca juga: Sensasi Lelang Nissan March Setengah Miliar, Berapa Harga Pasarannya?

Perawatan CVT motor matik sangat penting sehingga harus diperhatikan agar selalu berfungsi dengan baik. Kami berikan beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh konsumen untuk menjaga kinerja CVT tersebut,” kata Wahidin dalam rilis resmi, Rabu (21/7/2021).

Mekanik bengkel resmi Yamaha sedang melakukan servis CVT Yamaha NmaxFoto: Yamaha Mekanik bengkel resmi Yamaha sedang melakukan servis CVT Yamaha Nmax

Perawatan CVT motor matik yang perlu diketahui:

1. Bersih

CVT bebas dari debu, oli dan air. Jika tidak, dapat mengakibatkan licin dan berbunyi serta menghambat laju kendaraan, putaran mesin tidak bisa diteruskan ke roda belakang akibatnya akselerasi tenaga akan hilang.

2. Filter

Memperhatikan perawatan pada komponen CVT terutama filter CVT, harus diperhatikan dapat terkena air hujan saat musim hujan dan dapat berdebu saat musim kemarau.

Lakukan pemeriksaan dan pembersihan filter CVT setiap 1.000 km.

3. Servis CVT

Lakukan servis CVT tiap 10.000 km yaitu pemeriksaan dan pembersihan komponen CVT supaya akselerasi lebih halus.

Pada beberapa bagian CVT membutuhkan pelumasan, jadi selalu berikan grease atau gemuk untuk meminimalisir gesekan berlebih.

4. Ganti V-Belt

Penggantian V-belt wajib dilakukan antara 24.000 - 25.000 km. Agar performa lebih optimal dan harga lebih hemat gantilah dengan CVT KIT (V-Belt, Roller, dan Grease).

5. Oli mesin

Jangan lupa lakukan pengecekan dan penggantian oli mesin tiap 2.000 – 3.000 km sedangkan oli gear setiap 9.000 - 10.000 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com