Hewan yang Jadi Musuh Utama Jok Motor

Kompas.com - 21/07/2021, 16:51 WIB
Pilihan jok motor KOMPAS.com/RulyPilihan jok motor
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mayoritas jok motor menggunakan kulit sintetis. Perawatannya diklaim lebih mudah karena cukup dibersihkan, dan kuat terhadap perubahan suhu ekstrem.

Dana Iswanto Brand Manager MBtech Synthetic Leather, PT Polystar International, mengatakan, musuh jok motor bukan hanya dari cara pemakaian dan perawatan, tapi karena cakaran kucing.

Baca juga: Sudah Tahu Bahaya Menggantung Parfum Mobil di Spion Tengah

Deretan jok motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan jok motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

"Kalau untuk kotor selain dirawat mesti hati-hati sebab banyak yang rusaknya itu bukan karena apa-apa, tapi karena cakaran kucing," katanya kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Menurut Dana perawatan jok motor cukup mudah. Tapi yang sulit memastikan tidak ada kucing yang naik ke atas jok atau malah mencakar-cakar jok hingga robek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena kucing tidak bisa dihindari mereka suka cari tempat lebih tinggi dan waktu naik pakai cakar karena kulit itu empuk sering robek. Bahkan bukan hanya jok motor tapi juga sofa," katanya.

Baca juga: Sudah Tahu Bahaya Menggantung Parfum Mobil di Spion Tengah

Sarung jok motor anti airFoto: Toko Cover Jok Motor BCM/Tokopedia Sarung jok motor anti air

Untuk itu kata Dana agar jok awet, cara terbaik ialah pastikan kucing tidak naik dan mencakar-cakar jok.

"Biasanya ditutupi joknya atau patikan tidak ada kucing. Memang susah-susah gampang sebetulnya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.