Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Berseteru, Rossi dan Marquez Sepakat pada Hal Ini

Kompas.com - 21/07/2021, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor MotoGP saat ini sudah berkembang jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, adalah masa di mana sistem elektronik memainkan peran yang lebih besar.

Sistem elektronik mengatur banyak bagian di bidang teknis. Pada satu sisi motor diklaim lebih mudah dikendalikan, tapi di sisi lain pada akhirnya mengurangi peran pebalap.

Legenda MotoGP, Valentino Rossi, mengatakan, semakin berperannya sistem elektronik di motor MotoGP era modern membuat kapasitas pebalap tidak sebesar dulu.

Baca juga: Modifikasi RE Classic 350 Ala Bobber Tahun 30an

“Di masa lalu pebalap mungkin bisa membuat perbedaan yang lebih besar. Rasio antara pebalap dan motor mungkin sekitar 60:40, sekarang 50:50,” kata Rossi mengutip Tuttomotoriweb.it, Selasa (20/7/2021).

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (28/5/2021).AFP/TIZIANA FABI Pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (28/5/2021).

Kendati demikian, kata Rossi, hal itu tidak mengubah hasil akhir. Sebab, pebalap yang lebih bagus selalu yang berhasil memimpin klasemen dan tampil lebih konsisten.

“Tapi tidak banyak yang berubah, saya pikir. Pengemudi yang kuat tetap yang mengemudi di depan. Situasinya kurang lebih sama. Pebalap yang kuat bisa menang di akhir balapan,” katanya.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez juga mengatakan hal serupa. Marc menyoroti evolusi unit kontrol elektronik di musim-musim terakhir pada pebalap baru.

“Pebalap yang membuat perbedaan. Ini adalah sesuatu yang perlu kita pertahankan di olahraga ini. Memang benar bahwa sekarang kita semua membalap dengan elektronik yang sama, dan sedikit perbedaan antara tim pabrikan dan tim satelit,” katanya.

Baca juga: Federal Oil Gandeng MRT Jakarta Gelar Vaksinasi Gratis

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)RONNY HARTMANN Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)

Saat ini, kata Marc, seorang rookie yang baru naik kelas ke MotoGP bisa lebih cepat beradaptasi dengan motor dan tampil mengesankan meski bergabung di tim satelit.

"Ini berarti bertentangan dengan situasi sepuluh tahun lalu, seorang pebalap tim satelit sekarang bisa memenangi balapan dan bahkan bertarung untuk gelar," katanya.

Di sisi lain, pebalap tim pabrikan hanya memiliki sedikit keuntungan dari sisi teknis, seperti suku cadang baru dan dukungan hal lain yang tak ada di tim satelit.

"Tetapi, ini bukan inovasi yang sangat penting," kata Baby Alien.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com