Kenapa Pintu Bus Rapid Transit Lebih Lebar Dibanding Bus AKAP?

Kompas.com - 19/07/2021, 16:41 WIB
Sebuah bus TransJakarta melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSebuah bus TransJakarta melintas saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Petugas akan memberikan akses untuk melintas di titik penyekatan PPKM Darurat di 63 titik di wilayah Jadetabek yang berlaku dari 3 - 20 Juli 2021 hanya yang masuk kategori sektor-sektor esensial. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

JAKARTA, KOMPAS.comPintu yang ada di bus merupakan akses masuk ke kabin bagi penumpang. Jika diperhatikan, pintu bus ternyata berbeda, tergantung dari model busnya.

Misalnya Bus Rapid Transit (BRT) yang beroperasi di perkotaan punya bentuk pintu yang lebar dan biasanya dibuka tutup secara elektris.

Sedangkan untuk bus antar kota, bentu pintunya lebih kecil dan bisa buka-tutup manual atau otomatis.

Lalu mengapa pintu BRT dibuat lebih lebar sedangkan bus kota tidak?

Baca juga: Kecelakaan Fatal, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut Prinsipal Fiat Chrysler

Bus AKAP PO Samarinda LestariDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO Samarinda Lestari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pintu yang lebar dipasang pada BRT mengingat fungsi busnya yang harus cepat dan memuat banyak penumpang.

“Kalau BRT di Indonesia biasanya kan pakai halte, kemudian penumpang yang naik dan turun juga cukup banyak. Jadi pintunya dibuat lebar agar dapat mengakomodiasi penumpang keluar masuk dengan cepat,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Bus Single Glass Tren Lagi, Apa Kelebihannya?

Sedangkan kalau bus antar kota memakai pintu yang lebih kecil karena tidak harus cepat ketika penumpang naik dan turun bus. Selain itu juga waktu berhenti di terminal cukup lama, jadi tidak buru-buru.

“Misalnya juga bus di dalam bandara, mereka juga pakai pintu yang mirip dengan di BRT. Hal ini dikarenakan proses loading dan unloading penumpang yang cukup banyak di waktu tertentu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X