Kenapa Pintu Bus Rapid Transit Lebih Lebar Dibanding Bus AKAP?

Kompas.com - 19/07/2021, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPintu yang ada di bus merupakan akses masuk ke kabin bagi penumpang. Jika diperhatikan, pintu bus ternyata berbeda, tergantung dari model busnya.

Misalnya Bus Rapid Transit (BRT) yang beroperasi di perkotaan punya bentuk pintu yang lebar dan biasanya dibuka tutup secara elektris.

Sedangkan untuk bus antar kota, bentu pintunya lebih kecil dan bisa buka-tutup manual atau otomatis.

Lalu mengapa pintu BRT dibuat lebih lebar sedangkan bus kota tidak?

Baca juga: Kecelakaan Fatal, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut Prinsipal Fiat Chrysler

Bus AKAP PO Samarinda LestariDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO Samarinda Lestari

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, pintu yang lebar dipasang pada BRT mengingat fungsi busnya yang harus cepat dan memuat banyak penumpang.

“Kalau BRT di Indonesia biasanya kan pakai halte, kemudian penumpang yang naik dan turun juga cukup banyak. Jadi pintunya dibuat lebar agar dapat mengakomodiasi penumpang keluar masuk dengan cepat,” ucap Werry kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Baca juga: Bus Single Glass Tren Lagi, Apa Kelebihannya?

Sedangkan kalau bus antar kota memakai pintu yang lebih kecil karena tidak harus cepat ketika penumpang naik dan turun bus. Selain itu juga waktu berhenti di terminal cukup lama, jadi tidak buru-buru.

“Misalnya juga bus di dalam bandara, mereka juga pakai pintu yang mirip dengan di BRT. Hal ini dikarenakan proses loading dan unloading penumpang yang cukup banyak di waktu tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.