Pengusaha Truk Minta Beberapa Pintu Tol Trans Jawa Tetap Dibuka

Kompas.com - 16/07/2021, 17:01 WIB
Penumpukan kendaraan terjadi saat petugas melakukan penyekatan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19. KOMPAS.com/AGIE PERMADIPenumpukan kendaraan terjadi saat petugas melakukan penyekatan di depan Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama PPKM Darurat, Kota Bandung tertutup bagi warga dari luar wilayahnya, hal tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat dan mengurangi penyebaran Covid-19.

SEMARANG, KOMPAS.com – Kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia memang masih tinggi. Bahkan pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali untuk mengurangi penyebaran virus tersebut.

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Tengah (Jateng) melakukan penutupan terhadap 27 exit toll (pintu keluar tol), sejak Jumat 16 Juli hingga 22 Juli 2021.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, selain 244 titik penyekatan yang sudah dilakukan, 27 exit toll di Jateng ditutup untuk mengurangi mobilitas, termasuk saat masa liburan Idul Adha.

Baca juga: Cobain Langsung HiAce Premio Mewah Racikan Baze

Mulai besok terdapat beberapa titik pembatasan mobilitas pada ruas-ruas tol Waskita Toll Road di Jawa Tengah Waskita Toll Road Mulai besok terdapat beberapa titik pembatasan mobilitas pada ruas-ruas tol Waskita Toll Road di Jawa Tengah

“Saya imbau untuk masyarakat selama liburan Idul Adha di rumah saja, jika tidak ada kepentingan,” kata Luthfi, Kamis (15/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembatasan ini memang bertujuan untuk mengurangi kegiatan masyarakat. Namun di lapangan, adanya penutupan pintu tol ini juga berpengaruh pada arus pengiriman barang atau logistik dengan truk.

Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng dan DIY memberikan beberapa usulan demi kelancaran operasional truk atau logistik selama PPKM Darurat.

Baca juga: Update PPKM Darurat, Mulai Hari Ini 27 Exit Toll Jawa Tengah Ditutup

Dari 27 pintu keluar tol yang ditutup, Aptrindo mengusulkan untuk tetap membuka enam Gerbang Tol (GT). GT tersebut yaitu Brebes Barat, Kandeman, Weleri, Muktiharjo, Colomadu, dan Karanganyar.

“Usulan ini dengan pertimbangan gerbang tol tersebut yang paling dekat dengan kawasan industri dan pergudangan. Selain itu juga jauh dari kawasan wisata dan pusat keramaian manusia,” kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (16/7/2021).

Dengan dibukanya beberapa pintu tol ini tentu arus logistik bisa lebih lancar. Karena selama ini, truk masih putar-putar karena adanya penyekatan baik di jalan tol maupun di jalan non tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.