Kompas.com - 16/07/2021, 11:42 WIB
Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Akses menuju kabin bus besar biasanya ada dua, lewat pintu depan atau belakang. Namun, saat ini juga tersedia bodi bus besar yang memiliki pintu di tengah, bukan di belakang.

Secara tampilan, bus dengan pintu di tengah memang terlihat lebih premium. Pasalnya, kebanyakan bus dengan pintu di tengah, menggunakan sasis premium dengan tenaga yang besar, bisa di atas 300 TK.

Selain tampilan bus yang terlihat mewah, apa saja kelebihan dari bus dengan pintu di tengah?

Baca juga: Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Salah satu armada bus AKAP milik Blue StarAkun Facebook Bahdin Fakh Rudi N Salah satu armada bus AKAP milik Blue Star

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, salah satu yang menjadi kelebihan bus dengan pintu tengah bagi penumpang adalah akses menuju kabin yang lebih mudah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penumpang yang masuk lewat pintu depan dan tengah bisa rata jumlahnya. Tidak menumpuk semuanya masuk dari pintu depan,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Mengingat jika bus biasa dengan pintu yang ada di belakang, penumpang lebih memilih masuk lewat pintu depan. Dengan adanya pintu di bagian tengah bus, penumpang jadi lebih teratur masuk ke kabin dan tidak saling menghalangi.

Baca juga: Update PPKM Darurat, Pos Penyekatan Jakarta Diperluas Jadi 100 Titik

Namun dibalik kelebihan memakai pintu tengah, ada juga kekurangannya. Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bus dengan pintu di tengah, sedikit mengurangi kapasitas bagasi.

Pintu yang di tengah memang ruang bagasi jadi berkurang. Ada juga pintu di belakang roda tapi itu untuk akses perbaikan atau perawatan berkala,” ucap Werry.

Apalagi jika penempatan toilet juga ada di tengah, ruang bagasi akan lebih sempit daripada bus dengan pintu di belakang. Jika memang mau memiliki bagasi yang lebih luas, beberapa PO memilih untuk menaruh pintu di belakang, bukan di tengah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X