Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Etimologi Hyundai Stargazer, Apa Artinya

Kompas.com - 14/07/2021, 11:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring dengan pembangunan pabrik Hyundai yang digadang-gadang mulai aktif pada akhir 2021, mulai muncul bocoran produk yang bakal diproduksi dari sana.

Salah satu produk yang bakal ramai tentu saja calon Low MPV pesaing Avanza dan Xpander. Rumor ini keluar setelah munculnya nama Hyundai Stargazer dari situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, beberapa waktu lalu.

Menarik membahas soal nama Stargazer, yang tampaknya baru kali ini muncul dalam penamaan sebuah mobil.

Baca juga: Ditargetkan Berlaku mulai Agustus, Ini Golongan Baru SIM C

Nama Hyundai Stargazer mulai muncul di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektualhttps://pdki-indonesia.dgip.go.id/ Nama Hyundai Stargazer mulai muncul di situs Pangkalan Data Kekayaan Intelektual

Dikutip dari ensiklopedia Britannica (14/7/2021), Stargazer berasal dari kata dasar 'stargaze' yang berarti melihat dalam ilmu astronomi.

Sementara 'stargazer' adalah seseorang yang melakukan kegiatan tersebut. Adapun 'stargazing' adalah proses melakukan kegiatan tersebut.

Meski begitu, secara etimologis bahasa, stargaze bukan cuma melihat bintang atau langit pada malam hari secara intensif.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris pada Juni 2021, Honda Brio Teratas, Avanza Kedua

Malam sebelum Irfan menelusuri Gua Jomblang. Arsip Irfan Ramdhani Malam sebelum Irfan menelusuri Gua Jomblang.

Tapi juga berarti menatap bintang sambil berkontemplasi. Makanya dalam kamus bahasa Inggris Oxford, stargazer juga berarti pelamun.

Belum diketahui secara pasti mengapa Hyundai memilih nama tersebut pada calon mobil barunya. Barangkali dalam penamaan ini jadi pertanda, bahwa Hyundai sudah merenungkan peluncuran Low MPV di Tanah Air sambil menunggu momentum yang tepat.

Pastinya, nama Stargazer telah didaftarkan oleh Hyundai Motor Company yang bermarkas di Korea Selatan melalui konsultan hukum di Indonesia, sebagai penamaan mobil.

Baca juga: Suku Cadang Motor Suzuki Dibilang Mahal, Ini Kata APM dan Konsumen

Ilustrasi Hyundai Hexa Space MPV Concept, yang digadang-gadang menjadi model konsep dari Hyundai Stariagaadiwaadi.com Ilustrasi Hyundai Hexa Space MPV Concept, yang digadang-gadang menjadi model konsep dari Hyundai Staria

Dalam dokumen permohonan yang pendaftarannya sudah dilakukan sejak November 2020 itu, tertulis juga Stargazer merujuk pada bus bermotor, mobil, mobil listrik, mobil sport, truk, dan van.

Untuk diketahui, Hyundai telah memastikan bakal memproduksi secara lokal sebuah mobil baru di pabrik mereka yang berada di Cikarang.

“Komitmen kami selanjutnya, kami sudah investasi di Indonesia sebesar 1,5 miliar dolar AS, jadi kami akan beroperasi di pabrik kami akhir 2021,” ujar Makmur, Chief Operating Office Hyundai Motors Indonesia, dalam sebuah webinar Juni 2021.

“Yang berlokasi di Delta Mas, Cikarang. Kami akan produksi mobil dengan kapasitas 250.000 unit per tahun,” kata dia, melanjutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com