Daihatsu Pede Rocky Tak Kanibalisasi Konsumen Terios

Kompas.com - 12/07/2021, 09:42 WIB
Daihatsu Rocky KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini resmi meluncurkan Rocky versi 1.200 cc. Varian ini pun menjadi yang pertama di dunia karena dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia.

Menariknya lagi, dari segi harga, varian mesin 1.200 cc yang mengusung kode WA-VE tiga silinder ditawarkan lebih murah dari versi 1.000 cc turbo.

Untuk diketahui, Rocky 1.200 cc dijual mulai dari Rp 178,9 juta sampai Rp 215 juta. Sementara varian turbo dengan mesin 1.000 cc, kisarannya di atas Rp 200 jutaan.

Lantas apakah dengan gap harga yang signifikan bisa mengusik pasar Rocky 1.L turbo yang lebih dulu meluncur, apalagi dilihat dari desain keduanya tak ada perbedaan signifikan.

Baca juga: Rumor Generasi Baru Avanza-Xenia, Pakai CVT dan Fitur Makin Canggih

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Menjawab hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, kemungkinan perpindahan konsumen dari versi 1.0 turbo ke 1.2L sangat tidak mungkin terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menurut saya meskipun rentang harga cukup lebar (jauh) diantara kedua varian Rocky tersebut, namun karena masing-masing punya fitur yang signifikan berbeda, maka kalau dilihat dari MBU (motif beli utama) segmennya juga beda, sehingga tidak akan terjadi perpindahan dari varian Rocky 1.0L ke yang 1.2L," ucap Hendrayadi kepada Kompas.com, Minggu (11/7/2021).

Lebih lanjut Hendrayadi menjelaskan, karakteristik calon konsumen Rocky 1.L turbo lebih cenderung mempertimbangkan sisi safety dan performa dari kendaraan selain juga dari segi desain.

Baca juga: Menu SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta, Ada Rocky dan Kia Sonet

Ilustrasi Daihatsu TeriosDok. ADM Ilustrasi Daihatsu Terios

Sedangkan untuk tipikal konsumen yang membeli Rocky 1.2L, lebih mengutamakan sisi fungsional dari kendaraan yang didukung juga dari value for money.

Demikian juga dengan Terios, meski bermain di segmen yang sama, ditambah Rocky memiliki fitur lebih canggih dan harga yang menggoda, namun Hendrayadi optimis tak akan terjadi pergeseran atau kanibalisasi.

"Target segmen utama dari kedua model tersebut berbeda, sehingga semestinya tidak akan terjadi kanibalisasi diantara kedua SUV Daihatsu," ujar Hendrayadi.

Baca juga: Daftar Harga SUV Murah Juli 2021, Rocky dan Raize Batal Naik

Daihatsu Rocky 1.2LDok. ADM Daihatsu Rocky 1.2L

"Untuk Terios segmennya mereka yang butuh SUV dengan kapasitas 7 penumpang dan ruang bagasi lapang, sedangkan Rocky, lebih yang membutuhkan SUV compact, 5 penumpang, dan dengan desain stylish serta modern," tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.