Selama PPKM Darurat, Pelayanan Diler Daihatsu di Yogyakarta Dibatasi

Kompas.com - 07/07/2021, 17:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Adanya pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali hingga 20 Juli 2021 secara langsung berefek pada operasional pelayanan di industri otomotif.

Perlu diingat, sektor non-esensial diwajibkan untuk memberlakukan sistem work from home (WFH) 100 persen selama PPKM Darurat berlangsung.

Lantas bagaimana dengan operasional diler dan bengkel resmi milik jaringan Daihatsu di Yogyakarta?

Baca juga: Sudah Tahu Arti Tiga Huruf Akhir di Pelat Nomor Kendaraan?

Saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021), Hengky, Marketing PT Mandiri Zirang Utama, jaringan diler Daihatsu di Yogyakarta, mengatakan bahwa unit sales menerapkan sistem WFH 100 persen.

"(Untuk) sales WFH 100 persen. Tapi tiap hari ada satu orang yang menjaga diler. Jadi kalau ada konsumen yang belum tahu dan datang ke diler tetap bisa dilayani," ungkap Hengky.

PT Mandiri Zirang Utama sebagai jaringan diler mobil Daihatsu di Yogyakarta PT Mandiri Zirang Utama sebagai jaringan diler mobil Daihatsu di Yogyakarta

Ia menjelaskan bahwa aktivitas penjualan unit pada masa PPKM Darurat difokuskan secara online. Penjelasan unit dan diskusi perhitungan dilakukan melalui sambungan telepon.

Jika sudah ada kesepakatan, konsumen bisa mengirimkan data melalui aplikasi pesan singkat dan transfer tanda jadi ke rekening kantor yang telah dicantumkan.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Terbaru Siap Dikirim ke Diler

"Setelah itu proses finance dan survei secara telepon dan online juga. Apabila hasilnya disetujui, konsunen tinggal melakukan pelunasan DP via transfer juga ke rekening diler. Setelah lunas, unit akan dikirim dengan mematuhi protokol kesehatan," kata Hengky menjelaskan.

Sementara untuk layanan servis unit di bengkel resmi, Hengky mengatakan bahwa diberlakukan pembatasan dengan kapasitas hanya 25 persen dari kapasitas normal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.