Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Darurat, Catat Titik Penyekatan di Sidoarjo

Kompas.com - 07/07/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 sampai 20 Juli, guna menekan penyebaran virus Covid-19. Sejumlah jalan dilakukan penyekatan termasuk di Kabupaten Sidoarjo.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Wikha Ardilestanto mengatakan, penyekatan akan dimulai pada siang hari melihat padatnya mobilitas kendaraan pada waktu tersebut. Alasannya, jelas untuk menghambat penyebaran Covid-19 di Sidoarjo.

Penyekatan pada siang hari ini dilakukan karena melihat situasi arus lalu lintas sedang ramai,” ucap Kompol Wikha Ardilestanto, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Kemenkeu Sebut Insentif PPnBM Bukan Untuk Orang Kaya

Menurut Wikha, pada saat diberlakukan PPKM darurat ini, masyarakat harus bisa memahami situasi yang sedang dihadapi terutama terkait Covid-19, sehingga diharapkan agar mereka menahan diri tidak keluar rumah selama PPKM darurat berjalan.

“Kalau sudah disekat otomatis macet, dan masyarakat akhirnya juga enggan bermacet-macetan. Karena pada esensinya PPKM darurat ini adalah membatasi mobilitas warga,” kata dia.

Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan petugas gabungan melakukan patroli PSBB di Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan petugas gabungan melakukan patroli PSBB di Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.

Wikha melanjutkan, penyekatan ini akan dilakukan secara tentatif, tergantung pada situasi mobilitas yang ada di Sidoarjo. Seperti pada Selasa (6/7), ada beberapa titik yang sudah dilakukan penyekatan.

Yakni di simpang tiga depan Bank Delta Arta, pintu masuk Perum Taman Pinang, Jalan Gading Fajar yang mengarah ke utara, Simpang Tiga Cemengkalang.

Penyekatan juga dilakukan di traffic light samsat lama, pertigaan SPBU utara pendopo yang arah ke barat, Simpang Tiga Jalan Yos Sudarso arah ke barat, dan simpang tiga pabrik paku di Waru arah selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com