PPKM Darurat, Catat Titik Penyekatan di Sidoarjo

Kompas.com - 07/07/2021, 14:41 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANSejumlah kendaraan melintas di Pos Penyekatan Bundaran Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito), perbatasan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (22/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 sampai 20 Juli, guna menekan penyebaran virus Covid-19. Sejumlah jalan dilakukan penyekatan termasuk di Kabupaten Sidoarjo.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Wikha Ardilestanto mengatakan, penyekatan akan dimulai pada siang hari melihat padatnya mobilitas kendaraan pada waktu tersebut. Alasannya, jelas untuk menghambat penyebaran Covid-19 di Sidoarjo.

Penyekatan pada siang hari ini dilakukan karena melihat situasi arus lalu lintas sedang ramai,” ucap Kompol Wikha Ardilestanto, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Kemenkeu Sebut Insentif PPnBM Bukan Untuk Orang Kaya

Menurut Wikha, pada saat diberlakukan PPKM darurat ini, masyarakat harus bisa memahami situasi yang sedang dihadapi terutama terkait Covid-19, sehingga diharapkan agar mereka menahan diri tidak keluar rumah selama PPKM darurat berjalan.

“Kalau sudah disekat otomatis macet, dan masyarakat akhirnya juga enggan bermacet-macetan. Karena pada esensinya PPKM darurat ini adalah membatasi mobilitas warga,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan petugas gabungan melakukan patroli PSBB di Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.ANTARA FOTO/DIDIK SUHARTONO Foto dirilis Kamis (25/6/2020), memperlihatkan petugas gabungan melakukan patroli PSBB di Surabaya, Jawa Timur. Sekitar 4.312 aparat gabungan diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo, yang tiga kawasan itu lebih dikenal dengan Surabaya Raya.

Wikha melanjutkan, penyekatan ini akan dilakukan secara tentatif, tergantung pada situasi mobilitas yang ada di Sidoarjo. Seperti pada Selasa (6/7), ada beberapa titik yang sudah dilakukan penyekatan.

Yakni di simpang tiga depan Bank Delta Arta, pintu masuk Perum Taman Pinang, Jalan Gading Fajar yang mengarah ke utara, Simpang Tiga Cemengkalang.

Penyekatan juga dilakukan di traffic light samsat lama, pertigaan SPBU utara pendopo yang arah ke barat, Simpang Tiga Jalan Yos Sudarso arah ke barat, dan simpang tiga pabrik paku di Waru arah selatan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.