Jangan Lupa Jaga Kebersihan Kabin Mobil Selama Terparkir di Garasi

Kompas.com - 07/07/2021, 11:22 WIB
Merawat kabin mobil Stanly/OtomaniaMerawat kabin mobil

JAKARTA-KOMPAS.com - Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, mobil andalan jadi jarang digunakan.

Kondisi ini membuat banyak pemilik kendaraan yang jarang memperhatikan kebersihan di bagian kabin mobil mereka.

Sebagian pemilik hanya membersihkan bagian luar dengan mencuci, karena mobil jadi berdebu saat jarang digunakan. Namun bersih di luar, bukan berarti bagian dalam juga bebas dari kotoran.

Ada beberapa titik pada mobil yang tak terlihat mata, di mana noda dan debu terus menempel. Misalnya, pada bagian bawah jok, mulai rel kursi, sela-sela pintu, door trim, plafon mobil, kolong mobil, sampai beberapa titik di mesin.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Honda HR-V dan BR-V di Solo Turun Harga

Biasanya, untuk membersihkan bagian kabin itu diperlukan tenaga ekstra. Sehingga banyak orang yang menghindari atau malas untuk melakukannya.

Menurut Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi, kotoran seperti noda dan debu bersifat akumulasi. Oleh sebab itu, sebelum terlalu banyak sebaiknya segera dibersihkan. Karena semakin tidak dirawat, maka akan semakin sulit juga nanti hilangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Seperti contoh, bila ada noda kecoklatan pada plafon mobil. Bagian tersebut sulit untuk dibersihkan, tapi bila tidak segera dilakukan tindakan, noda akn sulit hilang, hanya tersamarkan saja,” ucap Ario belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Libur Musim Panas, Insinyur Honda Sibuk Kembangkan Motor

servis plafon turunKompas.com/Fathan Radityasani servis plafon turun

Lalu untuk noda keringan yang bisanya tertinggal di door trim maupun dasbor seperti flek putih. Ario mengatakan, ini kasat mata, tapi sebenarnya banyak juga kotorannya.

“Paling banyak itu di sela-sela pintu, bahkan sering kali sampai berkerak,” kata dia.

Tak hanya itu saja, Ario juga menyampaikan risiko lain bila noda-noda tersebut terus dibiarkan dalam waktu yang lama. Selain akan sulit dihilangkan, ada kemungkinan mobil bermasalah, seperti korosi.

Baca juga: Estimasi Biaya Modifikasi Motor Bergaya ala Kawasaki Ninja ZX-25R

jok mobil fabricStanly/Otomania jok mobil fabric

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.