Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Jaga Kebersihan Kabin Mobil Selama Terparkir di Garasi

Kompas.com - 07/07/2021, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA-KOMPAS.com - Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, mobil andalan jadi jarang digunakan.

Kondisi ini membuat banyak pemilik kendaraan yang jarang memperhatikan kebersihan di bagian kabin mobil mereka.

Sebagian pemilik hanya membersihkan bagian luar dengan mencuci, karena mobil jadi berdebu saat jarang digunakan. Namun bersih di luar, bukan berarti bagian dalam juga bebas dari kotoran.

Ada beberapa titik pada mobil yang tak terlihat mata, di mana noda dan debu terus menempel. Misalnya, pada bagian bawah jok, mulai rel kursi, sela-sela pintu, door trim, plafon mobil, kolong mobil, sampai beberapa titik di mesin.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Honda HR-V dan BR-V di Solo Turun Harga

Biasanya, untuk membersihkan bagian kabin itu diperlukan tenaga ekstra. Sehingga banyak orang yang menghindari atau malas untuk melakukannya.

Menurut Operation Manager Autospa Bekasi Ario Hadi, kotoran seperti noda dan debu bersifat akumulasi. Oleh sebab itu, sebelum terlalu banyak sebaiknya segera dibersihkan. Karena semakin tidak dirawat, maka akan semakin sulit juga nanti hilangnya.

“Seperti contoh, bila ada noda kecoklatan pada plafon mobil. Bagian tersebut sulit untuk dibersihkan, tapi bila tidak segera dilakukan tindakan, noda akn sulit hilang, hanya tersamarkan saja,” ucap Ario belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Libur Musim Panas, Insinyur Honda Sibuk Kembangkan Motor

servis plafon turunKompas.com/Fathan Radityasani servis plafon turun

Lalu untuk noda keringan yang bisanya tertinggal di door trim maupun dasbor seperti flek putih. Ario mengatakan, ini kasat mata, tapi sebenarnya banyak juga kotorannya.

“Paling banyak itu di sela-sela pintu, bahkan sering kali sampai berkerak,” kata dia.

Tak hanya itu saja, Ario juga menyampaikan risiko lain bila noda-noda tersebut terus dibiarkan dalam waktu yang lama. Selain akan sulit dihilangkan, ada kemungkinan mobil bermasalah, seperti korosi.

Baca juga: Estimasi Biaya Modifikasi Motor Bergaya ala Kawasaki Ninja ZX-25R

jok mobil fabricStanly/Otomania jok mobil fabric

Bersihkan kabin mobil dengan sabun bayi

Owner Vertue Concept Edy mengatakan, untuk membersihkan bagian kabin mobil cukup menggunakan sabun bayi agar tak merusak interior.

“Selain mengandung ph yang seimbang, sudah terbukti kandungannya bisa menghilangkan bakteri,” katanya.

Caranya, yakni dengan memotong kecil-kecil sabun, kemudian diblender setelah itu bisa dicampur menggunakan air.

“Penggunaannya juga mudah, cukup dilap-lap saja untuk menjaga interior dan untuk yang berbahan kulit juga aman menggunakan bahan ini,” kata Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com