Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Modifikasi Motor Bergaya ala Kawasaki Ninja ZX-25R

Kompas.com - 06/07/2021, 18:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R banyak dijadikan incaran para pencinta roda dua. Namun, tak sedikit juga yang lebih memilih cara modifikasi untuk menyerupai tampilannya.

Soal fitur, mungkin ZX-25R bisa unggul dan tidak ada yang menyamai. Tapi, soal tampilan, banyak modifikator lokal yang cukup andal untuk membuat tiruannya.

Dengan membuat atau mencetak ulang fairing, tak menutup kemungkinan motor sport lain, seperti Ninja 250 atau yang lainnya, untuk berpenampilan layaknya ZX-25R.

Baca juga: Harga Kawasaki ZX-25R per Juli 2021 dan Skema Cicilannya

Deddy Dermawanto, pemilik Dj Custom, mengatakan, pada dasarnya modifikasi tersebut bisa saja dilakukan dan diterapkan untuk semua jenis motor tetapi membutuhkan anggaran dana yang cukup mahal, paling sedikit sekitar Rp 10 jutaan.

Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing TeamMotosaigon.vn Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing Team

“Terutama jika motor yang digunakan bukan dari segmen sport fairing, seperti misalnya Honda Tiger, pasti akan lumayan habisnya. Karena tidak hanya sekedar ganti bodi, tetapi juga kaki-kakinya,” kata Deddy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk waktu pengerjaan, Deddy menambahkan, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mengubah tampilan motor jadi seperti ZX-25R.

Baca juga: Modal Rp 100 Jutaan, Pilih Kawasaki Ninja ZX-25R atau Moge Seken?

“Sebab, harus presisi, sambungan antara tangki ke fairing, dari faring ke bodi belakang, penyesuaian rangka, instalasi lampu. Kemudian di area bawah, blok mesin, swing arm,” ujar Deddy.

Menurut Deddy, modifikasi tersebut ibarat sebuah baju. Jika diproduksi secara massal, otomatis akan lebih cepat dan lebih murah.

Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbonYoung Machine Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

“Sementara, kalau kita menginginkan baju dengan cara menjahit yang sesuai dengan kemauan kita, pasti kan prosesnya lebih lama dan estimasi anggaran dananya lebih banyak juga,” kata Deddy.

Untuk materialnya, bisa menggunakan bahan fiber atau pelat galvanis. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Pelat galvannis lebih mudah untuk diperbaiki atau direvisi, sedangkan fiber harus dicetak ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com