Estimasi Biaya Modifikasi Motor Bergaya ala Kawasaki Ninja ZX-25R

Kompas.com - 06/07/2021, 18:12 WIB
Komunitas ZX-25R Indonesia Dok. ZRIKomunitas ZX-25R Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R banyak dijadikan incaran para pencinta roda dua. Namun, tak sedikit juga yang lebih memilih cara modifikasi untuk menyerupai tampilannya.

Soal fitur, mungkin ZX-25R bisa unggul dan tidak ada yang menyamai. Tapi, soal tampilan, banyak modifikator lokal yang cukup andal untuk membuat tiruannya.

Dengan membuat atau mencetak ulang fairing, tak menutup kemungkinan motor sport lain, seperti Ninja 250 atau yang lainnya, untuk berpenampilan layaknya ZX-25R.

Baca juga: Harga Kawasaki ZX-25R per Juli 2021 dan Skema Cicilannya

Deddy Dermawanto, pemilik Dj Custom, mengatakan, pada dasarnya modifikasi tersebut bisa saja dilakukan dan diterapkan untuk semua jenis motor tetapi membutuhkan anggaran dana yang cukup mahal, paling sedikit sekitar Rp 10 jutaan.

Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing TeamMotosaigon.vn Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing Team

“Terutama jika motor yang digunakan bukan dari segmen sport fairing, seperti misalnya Honda Tiger, pasti akan lumayan habisnya. Karena tidak hanya sekedar ganti bodi, tetapi juga kaki-kakinya,” kata Deddy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk waktu pengerjaan, Deddy menambahkan, butuh waktu sekitar tiga bulan untuk mengubah tampilan motor jadi seperti ZX-25R.

Baca juga: Modal Rp 100 Jutaan, Pilih Kawasaki Ninja ZX-25R atau Moge Seken?

“Sebab, harus presisi, sambungan antara tangki ke fairing, dari faring ke bodi belakang, penyesuaian rangka, instalasi lampu. Kemudian di area bawah, blok mesin, swing arm,” ujar Deddy.

Menurut Deddy, modifikasi tersebut ibarat sebuah baju. Jika diproduksi secara massal, otomatis akan lebih cepat dan lebih murah.

Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbonYoung Machine Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

“Sementara, kalau kita menginginkan baju dengan cara menjahit yang sesuai dengan kemauan kita, pasti kan prosesnya lebih lama dan estimasi anggaran dananya lebih banyak juga,” kata Deddy.

Untuk materialnya, bisa menggunakan bahan fiber atau pelat galvanis. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Pelat galvannis lebih mudah untuk diperbaiki atau direvisi, sedangkan fiber harus dicetak ulang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X