Acuan Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R, Mau Gaya atau Balap?

Kompas.com - 06/07/2021, 17:12 WIB
Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon Young MachineModifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R banyak digemari para pecinta roda dua. Tak jarang ada pemiliknya yang gatal ingin memodifikasi motor sport ini.

Sebelum resmi meluncur, Kawasaki sudah memberikan acuan modifikasi untuk ZX-25R dengan gaya balap. Saat itu, diberi nama Racer Custom Model.

Baca juga: Harga Kawasaki ZX-25R per Juli 2021 dan Skema Cicilannya

Detailnya cukup menarik, bagian fairing dan hampir seluruh bagiannya dihiasi dengan serat karbon. Visornya juga dibuat lebih tinggi, agar terkesan lebih aerodinamis.

Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom ModelKawasaki Motors Japan Kawasaki Ninja ZX-25R Racer Custom Model

Selain itu, bagian kaliper rem depan dilengkapi dengan air scoop yang juga terbuat dari serat karbon. Terinspirasi dari MotoGP, alat ini berfungsi untuk mendinginkan kaliper.

Tentunya, footstep model underbone juga digunakan agar posisi kaki lebih mundur. Footstep ini juga memiliki banyak lubang agar posisinya bisa diatur sesuai kenyamanan pengendara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Modal Rp 100 Jutaan, Pilih Kawasaki Ninja ZX-25R atau Moge Seken?

Selain itu, disematkan juga aksesori aftermarket lainnya, seperti tankpad, tail cowl, tuas rem dan kopling, lever guard, dan lainnya.

Kawasaki Ninja ZX-25R modifikasi bodi serat karbonKOMPAS.com/Gilang Kawasaki Ninja ZX-25R modifikasi bodi serat karbon

Untuk suspensi depan, tidak perlu diganti, karena Suspensi Showa tipe Separate Function Fork - Big Piston (SFF-BP) dinilai sudah cukup mumpuni. Sementara suspensi belakang, bisa diganti pakai punya ZX-10R yang dapat disetel rebound dan compression.

Untuk modifikasi dengan kebutuhan di sirkuit, seperti track day, tentunya sedikit berbeda. Selain aksesori di atas, ada beberapa lagi penyesuaian yang perlu dilakukan.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Bekas Sudah Normal, Termurah Rp 100 Jutaan

Andy Muhammad Fadly, pebalap muda dari tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing, mengatakan, tidak banyak penyesuaian yang perlu dilakukan jika Ninja ZX-25R ingin digunakan untuk track day.

Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbonYoung Machine Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

"Bagian yang pertama kali perlu diganti adalah ban. Saya sempat coba yang masih standar. Dengan ban itu, motor masih bisa dikendarai sampai limitnya," ujar AM Fadly, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X