Kompas.com - 03/07/2021, 14:41 WIB
speedometer Stanly/Otomaniaspeedometer

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada dasarnya, speedometer mobil bukanlah komponen yang sensitif atau mudah cepat rusak. Tetapi dalam suatu kasus, bagian tersebut bisa saja tidak berfungsi secara optimal lagi.

Dikatakan Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, hal ini dikarenakan pemilik kurang memperhatikan keadaan speedometer sehingga tak pernah dibersihkan secara rutin.

"Jadi saat sedang mencuci mobil, sebaiknya speedometer pun ikut dibersihkan. Tidak perlu mengguyurnya dengan air, cukup bersihkan dengan lap mikrofiber basah dan keringkan," katanya, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Apa Sebenarnya Fungsi Speedometer pada Mobil

Ilustrasi speedometer sebagai salah satu alat ukur GLB dan GLBB Ilustrasi speedometer sebagai salah satu alat ukur GLB dan GLBB

Melalui langkah terkait, bagian speedometer bisa tercegah dari ada atau tumbuhnya jamur yang kemudian berisiko merusak tampilanya, Lalu, jauhkan juga speedometer dari air.

Sebab, air yang merembes ke dalam speedometer bisa berpotensi menimbulkan korsleting. Karenanya, segera keringkan speedometer dengan lap bersih jika terdapat genangan air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

range pada speedometerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda range pada speedometer

"Saat memarkirkan mobil juga usahakan untuk memilih lokasi yang teduh. Jika tidak memungkinkan, tutup speedometer dengan cover khusus agar menghindari kerusakan cat di bagian terkait," ujar Imansyah.

Terakhir, jauhkan speedometer mobil dari medan magnet yang kuat karena dapat mempengaruhi kinerja dan fungsinya. Bahkan dalam jangka waktu lama, kontak dengan medan magnet bisa merusak instrumen ukur yang ada di sana.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X