Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama PPKM Darurat, Pelayanan Samsat Keliling Klaten Ditutup

Kompas.com - 02/07/2021, 16:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Dalam rangka mengurangi tingkat persebaran virus Covid-19 di kota Klaten, Jawa Tengah, pelayanan Samsat keliling di Klaten ditutup sementara. Pasalnya Klaten merupakan salah satu wilayah yang digolongkan sebagai zona merah di Jawa Tengah.

Penututpan layanan Samsat keliling, Samsat malam, dan Samsat CFD diberlakukan mulai tanggal 1 Juli hingga 7 Juli 2021.

Baca juga: PPKM Darurat Jawa-Bali, Ini Aturan Perjalanan ke Luar Kota

Penutupan ini berdasarkan Surat Kasat Lantas Polres Klaten Nomor: B/170/VII/OTL.1.1.1/2021/Lantas. Perihal Tidak melaksanakan Giat Samsat Keliling dan Samsat Malam untuk Pencegahan dan Penyebaran Covid-19.

Dilansir dari akun instagram resmi Samsat Klaten @samsatkabklaten pada Jumat (2/7/2021), bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunan diharap untuk melakukan melalui aplikasi New Sakpole yang bisa di unduh di playstore.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Samsat Kabklaten (@samsatkabklaten)

 

Seperti yang telah diketahui, untuk bulan Juli tahun 2021 aplikasi pembayaran pajak kendaraan samsat Jawa Tengah yakni Sakpole E-samsat sudah tidak dapat digunakan. Bagi warga Jawa Tengah yang akan membayar pajak kendaraan tahunan dapat menggunakan aplikasi baru New Sakpole E-Samsat.

Baca juga: Mitos di Indonesia, Tabrak Kucing Bakal Kena Sial

Dalam pengumuman tersebut juga disebutkan lagi mengenai pemutihan denda pajak kendaraan bermotor yang masih akan berlaku hingga 6 September 2021. Pemutihan denda pajak juga merupakan salah satu upaya untuk meringankan beban masyarakat karena dampak pandemi.

Sedangkan untuk pelayanan kantor Samsat di seluruh Jawa Tengah juga akan dilakukan perubahan jam pelayanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan masyarakat di kantor Samsat seluruh Jateng. Berikut jadwal jam pelayanan kantor samsat di Jawa Tengah:

Aplikasi New Sakpole samsat JatengSamsat Jateng Aplikasi New Sakpole samsat Jateng

Senin- Kamis buka pukul 08.00-13.00 WIB
Jumat buka pukul 08.00-11.30 WIB
Sabtu buka jam 08.00-12.00 WIB

Baca juga: Harga Tiket Bus Double Decker Efisiensi dari Karangpucung ke Jogja

Karena situasi yang sedang tidak kondusif akibat virus Covid-19 yang masih tersebar di Indonesia, masyarakat yang ingin melakukan pajak tahunan kendaraan diharapkan untuk melakukannya secara online. Dalam aplikasi tersebut juga dapat melakukan pengesahaan STNK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com