Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Tepat Mengganti Wiper Mobil

Kompas.com - 01/07/2021, 19:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagaimana komponen lain pada mobil, wiper juga perlu diganti seiring dengan penggunaan. Bila pemilik abai, dalam jangka waktu menengah bisa merugikan.

Ada beberapa indikasi yang dapat memberikan tanda bahwa wiper mobil harus segera diganti. Indikasi utamanya adalah karet wiper sudah tipis dan getas.

"Dari sini saja sudah terlihat bahwa kondisi wiper sudah tidak sehat sehingga akan memberikan hasil kurang efektif ketika menyapu air hujan di kaca depan," kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Begini Pembatasan dan Aturan Naik Kendaraan Umum

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Ketika wiper mencoba menyapu hujan di kaca depan mobil, tambah dia, masih ada garis-garis air yang tertinggal. Itulah indikasi lain bahwa wiper harus segera diganti.

Ukuran wiper mobil sendiri antara bagian kiri dan kanan berbeda. Para pemilik atau pengguna bisa mengetahuinya dengan cara bertanya langsung kepada diler resmi. Sehingga, tidak salah ukuran ketika hendak melakukan pergantian.

"Tentu saja ada penyebab dari desain seperti ini. Pertama, desain kaca mobil edisi terbaru lebih landai dan lebar jika dibandingkan bentuk sebelumnya," kata Imansyah.

Baca juga: Ojek dan Taksi Online Boleh Beroperasi Selama PPKM Darurat Jawa-Bali

Air wiper mobilFoto: Peugeot Air wiper mobil

Ini tentu berbanding lurus dengan desain mobil kekinian yang minim tahan udara. Akhirnya, ukuran wiper mengikuti dimensi kaca depan mobil.

Kedua, pandangan di sisi pengendara menjadi lebih jernih karena sapuan wiper memang semakin luas. Inilah yang akhirnya membuat ukuran wiper di sisi pengendara menjadi lebih panjang daripada di sisi penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com