Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Shift Lock Mobil Transmisi Matik, Biar Bisa Didorong Saat Parkir Paralel

Kompas.com - 29/06/2021, 13:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak yang mengira mobil matik bakal kesulitan saat melakukan parkir paralel. Pasalnya, tuas transmisi mobil matik harus berada di posisi P (Parking) dan tidak bisa dipindah ke N (Netral) ketika berhenti.

Hal ini berimbas pada roda mobil yang terkunci dan tidak bisa didorong, meskipun rem tangan dilepas. Padahal tiap transmisi matik punya fitur shift lock yang memungkinkan tuas transmisi dipindah ke N dari P saat parkir.

Meski begitu, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, cara kerja shift lock pada tiap mobil berbeda-beda.

Baca juga: Lelang Mobil Dinas, Kijang Innova Mulai Rp 60 Jutaan

Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Tombol shift lock di mobil Toyota Calya.

Paling sering ditemui berbentuk seperti tombol yang letaknya berada masih dalam rangkaian tuas transmisi, umumnya di bagian atas.

Untuk mengaktifkan shift lock model ini pun terbilang mudah dilakukan. Pengemudi cukup mematikan mobil seperti biasa dengan posisi tuas transmisi berada di posisi P lebih dulu.

“Biasanya dua cara, satu dengan tombol satu dengan anak kunci. Untuk tombol, prosesnya matikan mobil seperti biasa dengan tuas di P," ucap Suparna, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah di Mobil, Ternyata Ini Manfaatnya

Shift lock dengan anak kunci di mobil matik Shift lock dengan anak kunci di mobil matik

"Setelah itu tekan tombol shift lock dan geser ke posisi N. Dengan demikian kunci mobil tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil bisa digeser,” kata dia.

Adapun jenis shift lock yang kedua berupa lubang. Kebanyakan jenis yang seperti ini dipakai pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless.

Menurut Suparna, secara fungsi memang tidak berbeda dengan model tombol, hanya saja proses pengunaannya yang sedikit berbeda karena harus dimasukkan menggunakan anak kunci.

Baca juga: Catat, Ada Layanan Bikin SIM Gratis di Wilayah Ini

Kunci mobil keyless Kunci mobil keyless

“Lubangnya itu berada di samping tuas transmisi. Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock,” ujar dia.

Jika sudah mengaktifkan fitur shift lock, jangan lupa untuk tidak mengaktifkan rem tangan. Sebab jika rem tangan aktif, mobil tetap tidak bisa didorong saat parkir paralel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com