Video Viral Bikers Protes Polisi Langsung Cabut Kunci Saat Menilang

Kompas.com - 28/06/2021, 14:11 WIB
Pemotor protes polisi langsung cabut kunci saat menilang Dok. @smart.gramPemotor protes polisi langsung cabut kunci saat menilang

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini di media sosial, video viral mengenai pengendara sepeda motor yang protes terhadap tindakan petugas kepolisian yang langsung mencabut kunci motor saat melakukan penindakan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @smart.gram, terlihat bahwa pria tersebut mengatakan tindakan polisi tersebut tidak sesuai prosedur.

Pria tersebut mengaku, polisi langsung mencabut kunci saat menilang. Menurutnya, hal tersebut tidak baik dilakukan karena membahayakan si pengendara.

Baca juga: Polisi Tilang Pengendara Moge Pakai Strobo

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi, mengatakan tidak tahu persis kondisi di lapangan atas kejadian tersebut.

Mantan Kepala Sub-Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya itu menambahkan, sudah jelas di dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PP 80 Tahun 2012 tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ilustrasi polisi menggelar razia.TRIBUN BATAM/IMAN Ilustrasi polisi menggelar razia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Salah satu pasal telah mengatur bahwa untuk melaksanakan pemeriksaan kendaraan bermotor, petugas Kepolisian Negara RI berwenang untuk menghentikan kendaraan bermotor, meminta keterangan kepada pengemudi, dan atau melakukan tindakan lain menurut hukum secara bertanggung jawab," ujar Budiyanto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Budiyanto menambahkan, di dalam Undang-Undang juga diatur, setiap petugas Polri memiliki kewenangan melakukan tindakan diskresi kepolisian atau tindakan menurut penilaian sendiri di lapangan.

Baca juga: Cuma Bawa STNK Fotokopian Apakah Bisa Lolos Tilang?

"Kejadian terhadap kasus tersebut kemungkinan pengendara pada saat diberhentikan tidak mau berhenti dan berusaha menghindari petugas atau mau kabur. Sehingga, petugas terpaksa dengan cepat mencabut kuncinya agar tidak kabur, dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan pengendara," kata Budiyanto.

Menurutnya, apabila pengguna jalan diberhentikan oleh petugas, hukumnya wajib untuk mematuhi perintah petugas.

"Tidak mematuhi perintah petugas yang sedang melaksanakan tugas merupakan pelanggaran lalu lintas," ucap Budiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.