Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Motor Trail Dibekali Stabilizer Rantai

Kompas.com - 28/06/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang memiliki fungsi vital pada sepeda motor adalah rantai, kecuali pada skuter matik (skutik). Komponen ini yang meneruskan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang.

Namun, pada motor trail sedikit berbeda dari motor sport dan motor bebek pada umumnya yang juga menggunakan rantai. Motor trail dibekali dengan stabilizer rantai atau disebut juga dengan slider rantai.

Baca juga: Begini Cara Merawat Rantai Motor agar Awet

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menjelaskan fungsi dari stabilizer rantai untuk menghindari rantai geser atau terlepas jika kendur.

Stabilizer rantai pada sepeda motorHonda Stabilizer rantai pada sepeda motor

"Jadi, fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail," ujar Rendra, saat ditemui Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Stabilizer rantai juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Komponen ini berguna untuk membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur. Sebab, rantai yang kotor karena tanah atau lumpur dapat mempengaruhi performa motor.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Rantai Motor Harus Kendur Biar Aman Terobos Banjir?

"Stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor-motor yang digunakan di jalan raya. Motor biasa bisa dipasangka, tapi kalau motor biasa dengan pemakaian di jalan raya kan enggak ekstrem seperti di off-road," kata Rendra.

Dengan menggunakan stabilizer rantai, dapat juga berfungsi untuk menjaga rantai tetap pada jalurnya. Selain itu, berguna juga untuk menekan rantai yang kendur agar tetap stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com