Alasan Motor Trail Dibekali Stabilizer Rantai

Kompas.com - 28/06/2021, 10:42 WIB
Konsumen jajal langsung Honda CRF150L wahanaKonsumen jajal langsung Honda CRF150L

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen yang memiliki fungsi vital pada sepeda motor adalah rantai, kecuali pada skuter matik (skutik). Komponen ini yang meneruskan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang.

Namun, pada motor trail sedikit berbeda dari motor sport dan motor bebek pada umumnya yang juga menggunakan rantai. Motor trail dibekali dengan stabilizer rantai atau disebut juga dengan slider rantai.

Baca juga: Begini Cara Merawat Rantai Motor agar Awet

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menjelaskan fungsi dari stabilizer rantai untuk menghindari rantai geser atau terlepas jika kendur.

Stabilizer rantai pada sepeda motorHonda Stabilizer rantai pada sepeda motor

"Jadi, fungsinya adalah menjaga rantai tetap berada di jalurnya. Pemakaian di medan off-road kan guncangannya sangat ekstrim. Selain itu, jarak main swing arm juga jauh untuk motor trail," ujar Rendra, saat ditemui Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Stabilizer rantai juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Komponen ini berguna untuk membersihkan rantai saat kotor terkena lumpur. Sebab, rantai yang kotor karena tanah atau lumpur dapat mempengaruhi performa motor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mitos atau Fakta, Rantai Motor Harus Kendur Biar Aman Terobos Banjir?

"Stabilizer rantai bisa juga digunakan untuk motor-motor yang digunakan di jalan raya. Motor biasa bisa dipasangka, tapi kalau motor biasa dengan pemakaian di jalan raya kan enggak ekstrem seperti di off-road," kata Rendra.

Dengan menggunakan stabilizer rantai, dapat juga berfungsi untuk menjaga rantai tetap pada jalurnya. Selain itu, berguna juga untuk menekan rantai yang kendur agar tetap stabil.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.