Fungsi Steering Damper atau Stabilizer Setang Sepeda Motor

Kompas.com - 27/06/2021, 15:21 WIB
Steering damper pada kemudi sepeda motor http://www.hawkland.de/Steering damper pada kemudi sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan tenaga besar seperti motor gede (moge) jenis sport tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Pada motor sport, biasanya disematkan steering damper.

Steering damper atau yang banyak disebut juga dengan stabilizer setang, banyak digunakan untuk meningkatkan kestabilan berkendara. Alat ini biasanya diletakkan di area kemudi.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, mengatakan, steering damper berfungsi untuk menjaga kestabilan setang kemudi pada saat akselerasi, kecepatan tinggi, dan menikung.

Baca juga: Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Stabilizer Setang

"Selain itu, steering damper juga bisa meredam getaran yang dihasilkan dari mesin. Steering damper tidak hanya untuk kenyamaman berkendara saja. Tapi, untuk menunjang keamanan juga," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori.Foto: Isle Motoland/Ilustrasi Steering Damper Stabilizer Setang Pemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori.

Namun, tak sedikit yang menggunakan steering damper sebagai hiasan atau aksesori. Banyak yang membeli steering damper aftermarket tanpa tahu fungsi sebenarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada empat jenis steering damper yang banyak digunakan pada motor gede (moge) sport. Pertama, ada manual adjustable steering damper yang biasanya digunakan untuk kompetisi.

Baca juga: Salah Kaprah Penggunaan Stabilizer Setang pada Motor

Pilihan steering damper di toko aksesori motorOtomania/Setyo Adi Pilihan steering damper di toko aksesori motor

Setelah itu, ada automatic adjustable steering damper yang banyak digunakan sebagai fitur standar superbike premium. Steering damper tersebut juga terintegrasi dengan mode berkendara.

Selanjutnya, ada speed sensitive steering damper yang mampu bereaksi secara langsung dengan mendeteksi kecepatan sepeda motor.

Lalu, yang terakhir adalah non adjustable basic steering damper, yang merupakan bawaan sepeda motor untuk mencegah getaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.