Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Steering Damper atau Stabilizer Setang Sepeda Motor

Kompas.com - 27/06/2021, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor dengan tenaga besar seperti motor gede (moge) jenis sport tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Pada motor sport, biasanya disematkan steering damper.

Steering damper atau yang banyak disebut juga dengan stabilizer setang, banyak digunakan untuk meningkatkan kestabilan berkendara. Alat ini biasanya diletakkan di area kemudi.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, mengatakan, steering damper berfungsi untuk menjaga kestabilan setang kemudi pada saat akselerasi, kecepatan tinggi, dan menikung.

Baca juga: Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Stabilizer Setang

"Selain itu, steering damper juga bisa meredam getaran yang dihasilkan dari mesin. Steering damper tidak hanya untuk kenyamaman berkendara saja. Tapi, untuk menunjang keamanan juga," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Pemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori.Foto: Isle Motoland/Ilustrasi Steering Damper Stabilizer Setang Pemasangan stabilizer sebaiknya bukan sekadar untuk aksesori.

Namun, tak sedikit yang menggunakan steering damper sebagai hiasan atau aksesori. Banyak yang membeli steering damper aftermarket tanpa tahu fungsi sebenarnya.

Ada empat jenis steering damper yang banyak digunakan pada motor gede (moge) sport. Pertama, ada manual adjustable steering damper yang biasanya digunakan untuk kompetisi.

Baca juga: Salah Kaprah Penggunaan Stabilizer Setang pada Motor

Pilihan steering damper di toko aksesori motorOtomania/Setyo Adi Pilihan steering damper di toko aksesori motor

Setelah itu, ada automatic adjustable steering damper yang banyak digunakan sebagai fitur standar superbike premium. Steering damper tersebut juga terintegrasi dengan mode berkendara.

Selanjutnya, ada speed sensitive steering damper yang mampu bereaksi secara langsung dengan mendeteksi kecepatan sepeda motor.

Lalu, yang terakhir adalah non adjustable basic steering damper, yang merupakan bawaan sepeda motor untuk mencegah getaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com