4 Cara Aman Sebelum Mendahului Kendaraan Besar

Kompas.com - 27/06/2021, 12:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi merupakan sebuah proses berkendara dalam mengontrol kendaraan secara benar dan bertanggung jawab. Dengan begitu, pegemudi juga harus memperhatikan keselamataan terutama pada saat akan mendahului kendaraan lain.

Dalam mengemudi, pada saaat berhadapan dengan kendaraan yang memiliki dimensi besar disarankan untuk tetap berhati-hati dan waspada. Pasalnya kendaraan dengan ukuran yang lebih besar tentu saja memiliki blind spot yang besar pula.

Baca juga: Parkir Seharian Pakai Rem Tangan, Apakah Justru Merusak

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada empat hal yang perlu dipastikan oleh pengemudi pada saat akan menyalip kendaraan terutama dengan dimensi yang lebih besar.

"Saat akan menyalip perlu memastikan empat hal, pastikan perlu, pastikan boleh, pastikan aman, dan pastikan mampu," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

ilustrasi menyalipKompas.com/Fathan Radityasani ilustrasi menyalip

Langkah pertama yang harus diperhatikan pada saat akan menyalip yang pertama adalah pastikan perlu. Tentukan terlebih dahulu sebelum mendahului, apakah diperlukan untuk mendahului atau tidak. Kalau memang tidak diperlukan, lebih baik tidak mendahului kendaraan di depan kita.

Baca juga: Ambulans Tertahan Rombongan Pejabat, Ingat Urutan Kendaraan Prioritas

"Yang kedua pastikan boleh, jangan sampai kita melanggar marka jalan atau aturan lainnya untuk mendahului kendaraan lain," ucap Marcell.

Dalam hal ini perlu di pastikan bahwa tidak ada rambu larangan mendahului. Perhatikan juga marka jalan apakah garis putus-putus atau garis menyambung yang artinya tidak boleh melewati marka jalan tersebut.

Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.Samsung Ilustrasi menyalip truk di jalan tol.

Ketiga, pastikan aman saat akan mendahului. Dengan cara memastikan di belakang kita tidak ada kendaraan lain yang juga ingin mendahului. Pastikan juga pengemudi kendaraan yang akan kita dahului mengerti niat kita ingin mendahului.

Baca juga: Pembatasan Mobilitas Akan Diperluas ke Bekasi dan Tangerang

Jangan lupa pastikan jarak kendaraan dari arah berlawanan masih cukup jauh sehingga memungkinkan kita untuk kembali ke lajur kita, terutama pada saat mendahului kendaraan besar.

Pastikan juga ada space atau ruang di depan kendaraan yang akan kita dahului dan jangan mendahului lebih dari satu kendaraan.

Terakhir pastikan mampu. Pastikan kendaraan kita mampu untuk mendahului, untuk lebih amannya jangan menggunakan gigi paling tinggi saat akan mendahului bagi kendaraan manual.

Sedangkan untuk kendaraan matik pengemudi harus bersiap untuk melakukan kick down apabila dibutuhkan agar aman saat mendahului.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.