Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Aman Saat Parkir Motor, Posisi Setang Sebaiknya ke Kanan atau Kiri?

Kompas.com - 22/06/2021, 11:34 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak faktor yang membuat pengendara sepeda motor berpikir pada saat memarkirkan motornya, salah satunya faktor keamanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat parkir motor, terutama di pinggir jalan. Pasalnya, sudah banyak kejadian motor dicuri oleh maling walaupun sudah dikunci setang.

Baca juga: PO SAN Punya Trayek Terjauh di Indonesia dengan Bus Tronton

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersulit maling mencuri sepeda motor, salah satunya yakni dengan mengunci setang ke kanan.

Parkir sepeda motor di Jalan Kepanduan II, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (24/4/2017).Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Parkir sepeda motor di Jalan Kepanduan II, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (24/4/2017).

"Sebenarnya jika kita sedang menggunakan standar samping di motor, agar tidak mudah roboh ketika parkir setang dibelokkan ke kiri, namun karena maraknya pencurian motor jadi untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T maka setang sebaiknya belok ke kanan," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Pahami Perbedaan Mobil Transmisi Matik Konvensional dan CVT

Namun, Agus juga mengatakan, hal ini bukan menjadi jaminan motor terhindar dari aksi pencurian. Pasalnya, semakin banyak juga cara yang digunakan oleh pelaku pencurian sepeda motor untuk mematahkan kunci setang dalam posisi ke kanan.

"Jadi lebih aman adalah gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor agar lebih aman dari pencurian. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor agar terhindar dari pencurian," ucap Agus.

Suasana tempat parkir sepeda motor di mal Teras Kota, Kota Tangerang Selatan, Selasa (5/9/2017). Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberlakukan kenaikan tarif parkir baru bagi kawasan pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga penitipan kendaraan di sekitar terminal dan stasiun.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Suasana tempat parkir sepeda motor di mal Teras Kota, Kota Tangerang Selatan, Selasa (5/9/2017). Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberlakukan kenaikan tarif parkir baru bagi kawasan pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga penitipan kendaraan di sekitar terminal dan stasiun.

Selain memperhatikan keamanan motor pada saat parkir, pemilik kendaraan juga harus memperhatikan lokasi tempat parkirnya. Jangan parkir motor di tempat sepi atau tempat yang rawan pencurian sepeda motor.

Baca juga: Komparasi Benelli Panarea dengan Honda Scoopy

Pastikan juga parkir di tempat yang resmi, minimal ada petugas parkir yang menjaga dan mengawasi kendaraan kita pada saat di area parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com