Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Terbaru Bus AKAP PO Sinar Jaya Trayek Semarang-Jabodetabek

Kompas.com - 22/06/2021, 09:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Dalam melakukan perjalanan lintas daerah melalui jalur darat, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) masih jadi salah satu opsi moda transportasi umum yang kerap dipilih masyarakat.

Pilihan kelas layanannya pun beragam, mulai dari kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, hingga Super Eksekutif. Tarif yang dipasang juga bermacam-macam, sesuai dengan kelas layanan dan trayeknya.

Pada trayek Semarang-Jabodetabek, ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang bersaing dalam menjual layanannya. Salah satunya adalah PO Sinar Jaya.

Baca juga: Ada Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik, Apa Fungsinya?

PO Sinar Jaya merupakan pemain lama dalam bidang pelayanan transportasi umum bus AKAP. PO yang sudah eksis sejak tahun 1982 ini menawarkan beberapa kelas layanan untuk Trayek Semarang-Jabodetabek, salah satunya ialah kelas Eksekutif.

Suasana terminal Mangkang Semarang sejak merebak virus corona.KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Suasana terminal Mangkang Semarang sejak merebak virus corona.

Untuk titik keberangkatannya sendiri ada di Terminal Mangkang yang terletak di sisi barat Semarang. Sebab agen resmi PO Sinar Jaya berlokasi di terminal tersebut.

Dari data yang diterima Redaksi Kompas.com, Senin (21/6/2021), ada sedikit perbedaan fasilitas yang didapat pada tiap-tiap armada yang tersedia di trayek tersebut. Sebab PO Sinar Jaya memberlakukan sub-kelas layanan dengan harga tiket yang berbeda pula.

Baca juga: Kembali Diperpanjang, Begini Aturan Berkendara Selama PPKM Mikro

Pertama, ada bus Semarang Express kelas Eksekutif 32 seat dengan tarif Rp 160.000. Fasilitas yang akan didapat oleh penumpang adalah AC, toilet, reclining seat alias kursi yang bisa disandarkan, leg rest atau sandaran kaki, colokan USB charger, dan layanan makan.

Ilustrasi armada bus PO Sinar Jaya Ilustrasi armada bus PO Sinar Jaya

Selanjutnya ada kelas Eksekutif 32 seat tujuan Kota Bogor dengan harga tiket Rp 170.000. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan bus Semarang Express. Pada kelas yang sama tujuan Jakarta dan sekitarnya, fasilitas yang ditawarkan hampir mirip namun tidak disediakan leg rest pada kursi penumpang. Untuk tujuan Jakarta dan sekitarnya ini dipatok tarif Rp 155.000.

Baca juga: Malam Ini Polda Metro Jaya Batasi 10 Ruas Jalan di DKI Jakarta

Ada pula kelas Eksekutif 40 seat tujuan Jabodetabek dengan harga tiket Rp 150.000. Fasilitas yang akan didapatkan penumpang hanyalah AC, toilet, reclining seat, dan servis makan. Bagi penumpang dengan tujuan Serang dan Merak, tarifnya Rp 165.000. Dengan jumlah tempat duduk sebanyak 40 kursi, tentu jarak antar kursi tidak lagi selega kelas layanan sebelumnya.

Terakhir, khusus untuk tujuan Kota Bogor dan Ciledug, terdapat kelas Eksekutif 43 seat non-toilet. Penumpang hanya akan mendapatkan fasilitas AC dan reclining seat. Untuk tarifnya sendiri sebesar Rp 120.000.

eateat
verb:
  • put (food) into the mouth and chew and swallow it.
    he was eating a hot dog
noun:
  • food or snacks.
    people would stop for soft drinks or eats
 
Detected language : English
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com