Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor 2-Tak Bekas yang Harganya Makin Mahal, Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 16/06/2021, 13:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Era sepeda motor 2-tak sudah habis digantikan 4-tak. Saat ini banyak pabrikan motor yang sudah tidak memproduksi mesin motor yang dianggap biang polutan tersebut.

Meski pabrikannya sudah tidak memproduksi, motor 2-tak kini menjelma jadi motor hobi. Peminatnya terus bertambah. Motor-motornya dicari, terutama buat orang yang pernah metasakan era 2-tak.

Baca juga: Gran Max Jadi Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang Januari-Mei 2021

Belakangan ini tren motor 2-tak kembali ramai di kalangan motor hobi. Motor jenis ini digemari karena semakin langka dan menawarkan performa berkendara yang responsif.

F1ZR Marlboro edition hasil restorasi Tian NK yang laku Rp 55 jutaari purnomo F1ZR Marlboro edition hasil restorasi Tian NK yang laku Rp 55 juta

Dengan stoknya yang tidak sebanding dengan permintaan, membuat harga motor bekas 2-tak di pasaran terbilang terjaga, karena masih dicari penggemarnya

Selain Yamaha RX-King yang membuat beberapa waktu lalu membuat heboh dengan rekor penjualan selangit, tipe motor bebek Yamaha F1ZR juga lumayan tinggi.

Yamaha F1ZR tahun 2002 kondisi "bahan" tak kurang Rp 7 jutaan. Sedangkan untuk kondisi yang terawat atau bahkan restorasi sampai seperti baru, banyak dihargai di rentang Rp 10 jutaan.

Model lain bahkan bisa dikatakan gelap. Yamaha 125Z harganya sudah puluhan juga rupiah. Begitu juga Honda Tena. Motor 2-tak mahal karena incaran kolektor, dan juga hasil "gorengan" penjual.

Baca juga: Komparasi Moge Cruiser, Honda Rebel Vs Benelli 502C

Suzuki Satria 2-takAndi Panser/Blue Tech Suzuki Satria 2-tak

Bahkan untuk beberapa model yang jadi incaran para kolektor harganya terbilang gelap. Contohnya Yamaha 125Z atau Honda Tena, bisa menembus Rp 50 jutaan ke atas.

Endang Samsudin, pemilik showroom Iwan Motor di Condet, Jakarta Timur, mengatakan, saat ini stok motor 2-tak seperti Kawasaki Ninja R dan Ninja RR tetap ada meski tidka banyak.

“Tapi kalau 2-Tak yang lain agak jarang di showroom. Biasanya langsung perorangan, karena sekarang sudah jadi motor hobi,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Berikut ini pilihan motor 2-tak bekas dari situs jual beli online:

- Yamaha F1ZR 2002-2004 Rp 7 jutaan – Rp 12 jutaan
- Yamaha RX-King 1992-2002 Rp 10 jutaan – Rp 20 jutaan
- Suzuki Satria 120R “Lumba-lumba” 2001-2003 Rp 7 jutaan – Rp 10 jutaan
- Suzuki Satria RU 120 ‘Hiu” 2004-2005 Rp 9 jutaan – Rp 15 jutaan
- Kawasaki Ninja R 150 2012-2016 Rp 15 jutaan – Rp 25 jutaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com