Kompas.com - 16/06/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Indonesia beberapa waktu lalu membuat program Smart EV Mobility di Nusa Dua Bali. Tersedia 30 mobil listrik yang bisa disewa para turis, salah satunya yaitu Toyota C+Pod.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mereview satu uni C+Pod di Sunter, Jakarta Utara. Secara umum, mobil listrik ini cukup mungil dimensinya, di kabinnya hanya bisa memuat dua orang.

Untuk performanya, C+Pod dilengkapi dengan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 9,06 kW. Kemudian baterai tersebut disambung ke motor listrik dengan tipe 1RM.

Baca juga: Kasus Premanisme Pengemudi Truk di Tanjung Priok gara-gara Macet

Toyota C+PodKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota C+Pod

Tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut sebesar 9,2 kW atau setara 12,3 TK dan torsi 56 Nm. Perlu diingat, sebuah mobil listrik langsung mendapatkan torsi maksimal ketika diinjak pedal gasnya, atau biasa dikenal dengan instant torque.

Untuk jarak tempuh dari C+Pod, dari posisi baterai penuh bisa menempuh sampai 150 km. Jarak tempuh yang lumayan jauh ini diperkirakan cukup jika digunakan untuk keliling di dalam kota.

Baca juga: Syarat dan Cara Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Kemudian untuk mengisi dayanya, bisa memakan waktu 5 jam jika dihubungkan ke sambungan listrik 200V/16A. Sedangkan jika disambung ke listrik 100V/6A, mengisi dayanya sampai penuh butuh waktu 16 jam.

Untuk kaki-kakinya, bagian depan menggunakan coil spring suspension, begitu juga di bagian belakang namun menggunakan model torsion beam. Untuk pengereman, di bagian depan sudah memakai cakram sedangkan di belakang masih tromol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.