Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gran Max Jadi Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang Januari-Mei 2021

Kompas.com - 16/06/2021, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Januari hingga Mei 2021, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat pertumbuhan positif untuk penjualan retail dan wholesales. Pencapaiannya jauh lebih baik dibanding periode yang sama pada 2020 lalu.

Sampai dengan Mei, pasar otomotif nasional mengalami pertumbuhan imbas adanya relaksasi insentif diskon pajak. Kebijakan tersebut diklaim ampuh menstimulus pasar otomotif di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Selama lima bulan di 2021, penjualan retial Daihatsu mencapai 54.718 unit, naik 14 persen dibandingkan periode yang sama pada 2020 lalu. Begitu juga untuk wholesales yang tumbuh 20 persen atau sebesar 59.000 unit.

Dengan hasil tersebut, Daihatsu tetap berada di peringkat kedua penjualan otomotif
nasional dengan market share sebesar 17 persen untuk retail sales, dan 18,5 persen untuk wholesales.

Baca juga: Pasar LCGC Anjlok di Mei 2021, Berikut Mobil Terlarisnya

Daihatsu Terios di GIIAS 2019 Daihatsu Terios di GIIAS 2019

 

Hingga Mei, penjualan retail Daihatsu masih ditopang tiga produk utamanya. Mulai dengan Gran Max pikap sebanyak 15.231 unit atau berkontribusi 28 persen, 13.353 unit Sigra dengan sumbangsih 24 persen, serta Terios yang menyumbang 15 persen atau 8.298 unit.

Xenia yang menikmati relaksasi masih terpuruk di urutan keenam dengan penjualan 3.608 unit, atau menyumbang 7 persen. MPV murah kembaran Avanza itu tertinggal dengan Ayla dan Gran Max minibus yang menempati posisi di atasnya.

Sementara untuk Rocky yang jadi pendatang sekaligus pilihan baru di segmen SUV murah, baru berkontrubusi 1 persen dengan penjualan 505 unit pada Mei lalu.

Penjualan Daihatsu Januari-Mei 2021ASTRA DAIHATSU MOTOR Penjualan Daihatsu Januari-Mei 2021

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, pihaknya bersyukur atas pertumbuhan penjualan yang sejalan dengan kenaikan pasar.

Diharapkan tresn positif yang berjalan saat ini bisa dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Harga Mobil Belum Berubah, APM Masih Tunggu Regulasi Resmi

Daihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGAKOMPAS.com/SETYO ADI Daihatsu Rocky. Model terbaru di kelas SUV Kompak dengan fitur dan teknologi baru. Rocky mengusung platform DNGA

"Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungan berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif," ucap Hendrayadi dalam keterangan resminya, Selasa (15/6/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com