Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mobil Baru dari Diler Diisi Bensin Hanya Setengah Tangki

Kompas.com - 15/06/2021, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil baru dari diler biasanya sudah diisi bensin sekitar 20 liter sampai 50 liter, tergantung dari mobilnya. Hal ini dilakukan agar pembeli tidak khawatir ketika jalan pulang akan kehabisan bahan bakar.

Namun mengapa hanya setengah tangki yang diisi oleh diler cabang?

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, alasan bahan bakar yang diisi tidak sampai penuh agar pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama jika ingin mengisi mobil dengan bahan bakar dengan tingkat yang lebih rendah atau tinggi.

Baca juga: Cara Blokir STNK pada Kendaraan yang Sudah Dijual

Ilustrasi SPBU PertaminaDOK. PERTAMINA Ilustrasi SPBU Pertamina

“Pada mobil itu, ada yang namanya learning. Jadi mobil mempelajari kebiasaan dari si pelanggan, mulai dari cara mengemudinya seperti apa, bahan bakar oktan berapa yang digunakan,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Suparna mengatakan, jika bahan bakar diisi penuh dari cabang, bisa-bisa mobil terlalu lama menggunakan bahan bakar yang diberi oleh diler.

Sehingga ketika diisi dengan oktan yang lebih tinggi atau rendah oleh pelanggan, proses learning jadi lebih lama.

Baca juga: Skutik Bongsor Juni 2021, Diskon Yamaha Nmax dan Honda PCX Tembus Jutaan Rupiah

“Jika bahan bakar yang diisi sejak awal di cabang dan oleh pelanggannya sama, maka proses learning bisa lebih cepat. Sistem mobil sudah menyesuaikan dengan kebiasaan pengemudi, misalnya senang injak gas dalam,” kata Suparna.

Suparna menjelaskan, learning ini disesuaikan secara elektronis oleh komputer. Untuk jarak learning, mulai dari 0 km sampai 500 km selesai atau ada juga yang lebih lama sampai 1.000 km – 1.500 km karena sering ganti bahan bakar.

Auto2000Auto2000 Auto2000

Berapa Liter?

Isi dari tangkinya itu tergantung dari mobilnya, karena ada standarnya setiap model. Misalnya seperti Avanza diisi 20 liter, Fortuner 25 liter, Camry, Alphard dan Vellfire kira-kira 50 liter, ada minimal standarnya.

Ada pertimbangan dari pengisian bahan bakar pada mobil baru tersebut. Suparna mengatakan, pengisian bahan bakar tadi agar mobil bisa digunakan pemiliknya pulang ke rumah tanpa khawatir kehabisan bensin atau solar.

“Misalnya jarak diler ke rumahnya 30 km, tapi kan dia enggak langsung pulang, bisa jalan-jalan dulu, jadi anggap 50 km. Kemudian diperkirakan konsumsi bahan bakarnya 10 km per liter, jadi butuh 5 liter. Tapi kita isi 20 liter, sudah sangat cukup,” kata Suparna.

Jangan sampai ketika mobil sedang dikendarai, malah kehabisan bahan bakar. Hal ini juga berlaku jika mobil baru ditowing sampai ke rumah.

Jadi sudah menjadi standar dari diler mobil diisi berapa liter bahan bakar.

“Intinya saat di cabang, diisinya segitu, mau dia ambil ke diler atau diantar ke rumahnya. Kita informasi ke pelanggan saja, kalau tadi sudah diisi berapa liter dengan bensin apa,” ucapnya.

Untuk bahan bakar yang diisi ke mobil Toyota bermesin bensin, mayoritas menggunakan Pertamax.

Memang ada sebagian kecil yang memakai Pertalite, namun itu juga sudah sesuai dengan standar minimal oktan dari pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com