Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik Video Call Sampai Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Ini Meluncur

Kompas.com - 14/06/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial video singkat memperlihatkan mobil seorang wanita yang meluncur di jalan akibat ceroboh.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia, Minggu (13/6/2021), terlihat seorang wanita berhijab keluar dari mobil berwarna hitam.

Wanita itu terlihat sedang berbincang dengan seseorang menggunakan ponsel yang dipegang di tangan kanan, sambil kemudian menutup pagar.

Baca juga: Ini Kisaran Harga Pasang Central Lock Mobil

Tanpa disadari, mobil hitam yang dia tinggalkan tiba-tiba meluncur ke arah jalan. Wanita tersebut belum menyadari sampai ia menggeser pagar.

Saat ia menengok ke belakang, mobil tersebut sudah meluncur bebas dan menabrak pembatas jalan.

Sontak, wanita itupun langsung mengejar mobilnya. Beruntung, mobil tersebut berhenti dan tidak melukai siapapun karena jalan terlihat sepi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna menyarankan, selama parkir pemilik mobil harus mengaktifkan handbrake atau rem tangan setiap hendak turun mobil. 

“Banyak masyarakat yang enggan untuk menggunakan rem tangan saat berhenti lantaran mereka takut akan berpengaruh atau merusak komponen rem tangan. Kalau terlalu lama memang bisa menyebabkan macet, tetapi kalau tidak terlalu lama tidak menjadi masalah,” ujar Suparna belum lama ini kepada Kompas.com.

Suparna melanjutkan, pemilik kendaraan sebaiknya menghindari memasukkan gigi perseneling saat mobil terparkir.

Ilustrasi tuas rem tanganStanly/KompasOtomotif Ilustrasi tuas rem tangan

“Ada sebagian pemilik kendaraan percaya dengan menggunakan gigi transmisi untuk menahan gerak mobil bisa memperpanjang usia komponen. Namun, hal itu cukup berbahaya untuk dilakukan,” kata dia.

Baca juga: Harga dan Simulasi Kredit New Carry Pick Up di Surabaya

Pasalnya, kadang pengguna kendaraan tidak teliti melakukan persiapan sebelum menyalakan mesin. Saat distater, mobil bisa tiba-tiba loncat dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kecuali kalau mobilnya matik memang prosedurnya berbeda, kalau matik posisinya harus pada P. Kalau mobil manual tidak disarankan jika melihat perilaku pengemudi di Indonesia,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com