Ekspor Otomotif Januari-April Naik 35,67 Persen

Kompas.com - 11/06/2021, 15:41 WIB
Ekspor Mobil Toyota Foto: TMMINEkspor Mobil Toyota
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan dalam upaya pemulihan ekonomi nasional selama kondisi pandemi.

Bahkan, sektor ini mampu menempati peringkat ke-6 terbesar pada ekspor nonmigas peridoe Januari-April 2021 dengan nilai mencapai 3,13 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 44,6 triliun.

Berdasarkan catatannya, otomotif mengalami kenaikan hingga 35,67 persen pada periode sama, dibandingkan pencapaian Januari-April tahun sebelumnya.

Baca juga: Selain Australia, Ada 2 Negara Lain Sasaran Ekspor Otomotif Indonesia

Statistik pencapaian sektor otomotif Januari-April 2021 Statistik pencapaian sektor otomotif Januari-April 2021

“Kalau kita lihat, sektor otomotif mengalami kenaikan sebesar 35,67 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini merupakan tanda-tanda yang baik, kalau kita lihat bahwa pasar ekspor masih tumbuh di kuartal pertama tahun ini,” katanya dalam Webinar, Kamis (10/6/2021).

Hal serupa juga dinyatakan Direktur Pengamanan Perdagangan Pradnyawati di acara virtual bertajuk 'Sektor Otomotif Nasional: Mengubah Tantangan Menjadi Peluang' ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berniat Beli Motor Jadul, Pahami Dulu Bedanya NOS dan Restorasi

Menurut dia, perkembangan industri otomotif nasional juga memiliki dampak terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai lebih dari 1,5 juta orang yang berkerja secara langsung dan 3,5 juta tak langsung.

"Adapun 5 besar negara tujuan ekspor otomotif kita ialah Filipina, Vietnam, Thailand, Jepang, dan Arab Saudi. Menariknya, capaian tersebut tetap tumbuh hingga 42,98 persen," ucap Wisnu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X