Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2021, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan mobil jenis city car di Tanah Air cukup sengit. Setiap pabrikan kendaraan roda empat berlomba-lomba untuk menghadirkan produk yang berkualitas dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Dari sekian banyak jenis city car yang ada di Indonesia, persaingan ketat tertuju pada duo pabrikan asal Jepang, yakni Honda dan Daihatsu. Kedua produsen otomotif ini memiliki mobil jenis city car yang terbilang laris di pasar Indonesia.

Di segmen city car, Honda unggul dengan Brio RS, sementara Daihatsu tak mau kalah dengan merilis All New Sirion pada tahun lalu.

Baca juga: Tanggapan Ducati Indonesia Soal Streetfighter V4S yang Ditilang

Lantas jika keduanya disandingkan, desain mana yang lebih menarik untuk dipinang?

All new Honda Brio RS STANLY RAVEL All new Honda Brio RS

Honda Brio RS memiliki dimesin 3.815 x 1.680 x 1.485 mm (PxLxT) serta jarak antar poros roda 2.405 mm. Sedangkan, Daihatsu Sirion memiliki 3.895 x 1.735 x 1.525 mm dan jarak sumbu roda masih 2.500 mm.

Ada perbedaan lumayan signifikan dari ukuran keduanya. Sirion masih memegang titel city car hatchback bermesin di bawah 1,5 liter dengan kabin terlega (berdasar ukuran wheelbase). Artinya, kabin Brio RS akan terasa lebih sempit jika dibandingkan langsung dengan Sirion.

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Bicara soal desain, memang tergantung selera konsumen. Tetapi yang jelas, keduanya hadir dengan konfigurasi lima penumpang.

Baik Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion sama-sama memiliki tampilan yang sporty dengan menyematkan body kit.

Brio RS dilengkapi body kit sebagai standar, side under spoiler, diffuser pada bumper belakang dan spoiler atas dengan lampu rem terintegrasi.

Tak kalah dengan Brio RS, Daihatsu juga memberi aerokit baru pada Sirion yang terpasang pada bagian bawah depan, samping (side skirt) dan belakang. Bagian belakang dilabur hitam dengan tambahan spoiler agar sedikit kesan lebih sporty.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.