Ini Kemungkinan Penyebab Mogoknya Bus Transjakarta di Pelintasan KA

Kompas.com - 02/06/2021, 13:01 WIB
Bus Transjakarta sudah dilengkapi dengan ruang khusus atau sekat yang memisahkan sopir dan penumpangnya. transjakarta.co.idBus Transjakarta sudah dilengkapi dengan ruang khusus atau sekat yang memisahkan sopir dan penumpangnya.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian kendaraan yang mogok saat melewati pelintasan kereta api masih sering terjadi. Paling baru kejadian yang menimpa bus transjakarta yang mengalami gangguan di pelintasan kereta api Halimun, Jakarta Pusat, pada Senin (31/5/2021).

Sontak penumpang di dalam bus panik dan berinisiatif turun ketika terdengar sirine kereta api berbunyi, dengan tujuan menyelamatkan diri masing-masing.

Petugas dan warga sekitar pun sempat mendorong bus keluar dari lintasan kereta api. Setelah bus berhasil keluar, penumpang yang turun kembali menaiki bus.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), mengatakan, kejadian tersebut bukan disebabkan karena kerusakan bus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, saat ini pihak Transjakarta tengah melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab mogoknya bus transjakarta dengan nomor bodi MYS 18194 rute Manggarai – Blok M (6M).

“Atas kejadian ini, Transjakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut,” ujar Sardjono, dalam keterangan tertulis (1/6/2021).

Baca juga: Cara Memanaskan Mesin Mobil yang Benar

Kendaraan melintasi perlintasan KA tanpa palang di Stasiun Ancol Kendaraan melintasi perlintasan KA tanpa palang di Stasiun Ancol

“Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi,” kata dia.

Menanggapi hal ini, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, kejadian mobil yang mogok di atas pelintasan kereta api bukan sekali ini terjadi.

“Medan magnet yang terdapat di rel kereta tidak dapat mengganggu kinerja kendaraan, tetapi lebih kepada psikologis (panik) si pengemudi,” ucap Didi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tren Jap Style Tenggelam, Kemudian British Style Bersinar

Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus transjakarta melintas di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). Jumlah pengguna transjakarta telah menembus 1 juta penumpang per hari. Jumlah penumpang sebanyak 1.006.579 orang tercatat pada Selasa (4/2/2020).

Didi juga mengatakan, dalam kondisi panik mungkin saja sopir lupa dengan prosedur utama untuk menyalakan kendaraan.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head PT Astra Diahatsu Motor, mengatakan, mobil yang tidak bisa distarter kemungkinan dalam kondisi yang tidak sehat.

“Kalau aki mobil yang kondisinya memang sudah tidak baik, untuk distarter di rumah saja susah, apalagi di atas pelintasan kereta,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X