Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevrolet Indonesia Umumkan Recall Airbag, Ini Mobil yang Terlibat

Kompas.com - 02/06/2021, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comChevrolet Indonesia bisa dibilang tetap berkomitmen melayani konsumen di Tanah Air meski telah resmi hengkang sejak Maret 2020.

Hal ini dibuktikan dengan masih aktifnya layanan purnajual, suku cadang, hingga perlindungan garansi kendaraan di bengkel resmi Chevrolet atau Chevrolet Authorized Service Outlet (ASO).

Chevrolet Indonesia pun tengah melakukan kampanye penarikan kembali untuk penggantian airbag kendaraan, khususnya untuk beberapa tipe yang pernah dijual di Tanah Air.

Baca juga: Tren Jap Style Tenggelam, Kemudian British Style Bersinar

Program Safety Recall Takata Airbag dari ChevroletDok. Chevrolet Indonesia Program Safety Recall Takata Airbag dari Chevrolet

Tercatat, ada sekitar 8.000 kendaraan Chevrolet, di mana 30 persennya telah melakukan penggantian lewat program kampanye keselamatan atau yang diberi nama safety recall.

Safety recall adalah merupakan kampanye perbaikan massal, dalam hal ini adalah penggantian airbag produksi Takata yang terpasang pada sisi pengemudi.

Kegiatan safety recall penggantian airbag ini adalah kegiatan yang sama yang berlangsung secara global pada beberapa merk kendaraan di dunia, termasuk yang sedang dilakukan oleh beberapa merk kendaraan di Indonesia.

Baca juga: Awas Padat, 2-3 Juni Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jakarta-Cikampek

Chevrolet TraxDok. Chevrolet Indonesia Chevrolet Trax

Seperti diketahui, peluncuran safety recall penggantian airbag ini di dunia diawali dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) di AS.

Badan keselamatan jalan raya ini menemukan adanya risiko serius bahwa serpihan logam yang berasal dari wadah (container) propellant di dalam airbag dapat terlontar pada saat airbag mengembang.

Dadan Ramadhani, Direktur Aftersales and Customer Care General Motors Indonesia, mengatakan, proses penggantian airbag akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam dan tidak dipungut biaya.

Baca juga: Etika Pindah Lajur di Jalan Tol, Jangan Asal Potong

Dealer Chevrolet di PalangkarayaKompasOtomotif Dealer Chevrolet di Palangkaraya

“Hal ini tidak lain adalah sebagai wujud komitmen Chevrolet Indonesia untuk terus menyediakan layanan purna jual,” ujar Dadan, dalam keterangan resmi (1/6/2021).

“Penyediaan suku cadang, perlindungan garansi (warranty) bagi seluruh pemilik kendaraan Chevrolet, termasuk perbaikan kendaraan di bawah kegiatan safety recall,” kata dia.

Bagi Anda pemilik kendaraan Chevrolet yang ingin mengetahui apakah kendaraan Anda terlihat dalam safety recall dapat memperoleh informasi melalui Chevrolet Assistance Center di 08111024389 dan 08111824389.

Maupun Website resmi Chevrolet Indonesia di www.chevrolet.co.id dan Website recall General Motors di www.my.gm.com/recalls.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

Chevrolet AveoDok. Chevrolet Indonesia Chevrolet Aveo

Berikut ini jenis kendaraan Chevrolet yang terlibat di dalam safety recall airbag TAKATA, khususnya batch tertentu dari:

• Chevrolet Orlando: produksi tahun 2012 – 2017
• Chevrolet Aveo: produksi tahun 2012 – 2014
• Chevrolet Cruze: produksi tahun 2010 – 2013
• Chevrolet Trax: produksi tahun 2016 - 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com