Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aki Baru Cepat Soak, Jangan Langsung Salahkan Akinya

Kompas.com - 31/05/2021, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sistem kelistrikan sepeda motor, aki memiliki fungsi untuk membantu menghidupkan mesin. Jika aki soak, mesin akan sulit dihidupkan menggunakan electric starter.

Namun, saat mesin sulit dihidupkan, bukan berarti hanya aki yang menjadi penyebabnya. Aki termasuk ke dalam sistem kelistrikan, di salam sistem tersebut terdapat rectifier regulator atau biasa disebut kiprok.

Fungsi kiprok adalah untuk menahan dan menstabilkan arus listrik yang datang dari alternator atau spul sebelum masuk ke aki.

Sebab, arus yang masuk ke aki harus sesuai dengan kebutuhan motor, tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca juga: Perawatan Aki Motor Agar Tetap Awet

Jika arus listrik yang masuk ke aki terlalu besar, dapat menyebabkan overcharge. Lalu, jika arus tersebut terlalu kecil, bisa membuat aki menjadi tekor alias soak.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, kiprok yang rusak akan mengganggu pengisian baterai atau aki.

Kiprok pada sepeda motor, salah satu penyebab tidak stabilnya pengisian aki.Donny Apriliananda Kiprok pada sepeda motor, salah satu penyebab tidak stabilnya pengisian aki.

"Kiprok yang rusak juga berdampak pada aki. Sebab, aki akan sering tekor, hingga akhirnya mengalami kerusakan. Dengan begitu, motor jadi sulit distarter elektrik," ujar Ribut, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, sumber pengapian DC dari aki. Jika aki dipakai terus dan pengisiannya tidak ada, otomatis lama kelamaan akan mati juga.

Baca juga: Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak

Asep Suherman, Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Sawangan, mengatakan, fungsi kiprok adalah untuk mengubah arus listrik bolak-balik (AC/Alternating Current) menjadi arus listrik searah (DC/Direct Current), lalu disimpan di aki.

"Untuk mendeteksi kerusakan pada kiprok, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah pengisian listrik pada aki menjadi tidak sempurna," kata Asep.

Asep mengatakan, aki akan menjadi cepat tekor atau soak, sekalipun kondisi akinya masih baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com