Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Juni Harga Toyota Avanza Naik Rp 10 Juta

Kompas.com - 30/05/2021, 12:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga nol persen untuk pembelian kendaraan bermotor resmi berlaku sejak awal Maret lalu dan akan berakhir pada Mei 2021.

Sedangkan pada Juni nanti potongan harga akan berkurang seiring dengan berlakunya insentif PPnBM tahap dua hingga Agustus 2021 mendatang.

Pada tahap tersebut, pemerintah hanya menanggung 50 persen tarif PPnBM, sementara sisanya akan dibebankan kepada konsumen.

Baca juga: Kendaraan Listrik Ternyata Sudah Populer Sejak Era 1900-an

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, harga resmi akan dirilis akhir Mei 2021.

Termasuk untuk kenaikan harga mobil Avanza yang selama ini menjadi primadona di kelas LMPV.

“Harga dari TAM ke diler akan disampaikan di akhir bulan Mei ini. Namun untuk OTR akan ditentukan oleh diler,” ucap Anton kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Sementara itu, tenaga penjual Toyota di Jakarta Timur mengatakan akan ada penyesuaian harga mulai bulan depan untuk kategori mobil yang menerima diskon PPnBM.

“Juni ada kenaikan harga, mengikuti perubahan PPnBM jadi 50 persen. Estimasi kenaikan Rp 10 juta,” ujar tenaga penjual tersebut saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/5/2021).

Hal serupa juga diungkapkan oleh salah satu tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat.

“Kenaikan harga Toyota Avanza belum keluar, kenaikan harganya sekitar Rp 8 jutaan sampai Rp 10 jutaan. Awal Juni nanti kita informasikan,” kata dia.

Baca juga: Pebalap Pertamina Mandalika Harus Kerja Keras di Moto2 Italia

Sebagai perkiraan, untuk Avanza paling murah dibanderol dengan harga Rp 187,6 juta, jika bulan depan naik Rp 10 juta berarti menjadi Rp 197,6 juta. Sedangkan untuk Veloz dari Rp 212,9 juta menjadi Rp 222,9 juta.

Harga tersebut masih perkiraan dan belum dapat dipastikan, sebelum akhirnya diler mengumumkannya secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com