Usai Beli Mobil Bekas, Jangan Lupa Siapkan Dana untuk Perbaikan

Kompas.com - 27/05/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang ingin mendapatkan mobil idaman dengan dana terbatas, membeli mobil bekas bisa menjadi jalan keluar.

Namun calon konsumen harus bisa memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik, agar terhindar dari masalah yang dapat terjadi kemudian hari.

Sebagus apapun mobil bekas pasti butuh masuk bengkel. Oleh karena itu, sebaiknya calon pembeli juga menyiapkan dana untuk perbaikannya.

Baca juga: Mazda CX-5 GT Menyajikan Tampilan Desain yang Lebih Menawan

Imam Choiri alias Apre dari bengkel AP Speed di Bekasi mengatakan, biaya perbaikan mobil bekas itu relatif, tergantung dari seberapa banyak yang harus diperbaiki atau diganti.

“Umumnya kalau enggak kenapa-kenapa, cuma tune up saja sudah enak lagi mobilnya. Untuk kisaran harganya Rp 1,5 juta. Tapi kalau banyak yang diperbaiki, sampai overhaul bila mencapai Rp 10 jutaan,” ujar Apre kepada Kompas.com pekan lalu.

Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif KompasOtomotif Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif

Biaya tersebut di luar penggantian pelumas atau cairan-cairan yang sudah habis masa pakai, seperti oli, air radiator, dan minyak rem. Sementara bagian lainnnya seperti kaki-kaki jika tak ada perbaikan, bisa langsung digunakan.

Baca juga: Ini Ukuran Maksimal Ban untuk Xenia Tanpa Ganti Pelek Standar

Namun menurut Apre, jika bagian kaki-kaki harus diperbaiki, pemilik mobil minimal harus menyiapkan dana sekitar Rp 3 juta.

“Perbaikan kaki-kaki, misalkan ada yang diganti itu biayanya mulai Rp 3 jutaan. Kalau termasuk shockbreaker, bushing arm, bearing bisa sampai Rp 5 jutaan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.