Rawan Rem Blong, Begini Cara Aman Transaksi di Gerbang Tol

Kompas.com - 24/05/2021, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada anggapan bahwa Gerbang Tol (GT) jadi tempat berbahaya di jalan bebas hambatan, lantaran kerap jadi lokasi kecelakaan rem blong.

Tak sedikit kendaraan yang gagal dikendalikan, akhirnya menabrak kendaraan yang tengah mengantre atau area pintu tol tersebut.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghindari tabrakan beruntun di pintu tol.

Baca juga: Mobil Matik Mogok, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Derek

Gardu Tol Halim yang hancur karena ditabrak truk kontainer yang remnya blong, Rabu (29/1/2020).KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI Gardu Tol Halim yang hancur karena ditabrak truk kontainer yang remnya blong, Rabu (29/1/2020).

“Hindari kebiasaan-kebiasaan seperti berlama-lama di pintu tol dan tidak sigap,” ujar Sony, kepada Kompas.com (23/5/2021).

“Juga pilih gate yang paling sepi, dan selalu waspada dengan kendaraan yang ada di belakang,” kata dia.

Menurutnya, banyak orang beranggapan dengan mengantre di pintu tol khusus kendaraan golongan I, memberikan keamanan lebih baik ketimbang di gerbang tol golongan II, III, dan IV.

Baca juga: Capirossi Sidak Sirkuit Mandalika, Saya Suka Sirkuit Ini

Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama 2 yang menjadi tempat pemantauan arus lalu lintas libur Tahun Baru Imlek 2021 di jalan tol.DOK. JASA MARGA Ilustrasi Gerbang Tol Cikampek Utama 2 yang menjadi tempat pemantauan arus lalu lintas libur Tahun Baru Imlek 2021 di jalan tol.

“Bukan berarti mobil kecil tidak mungkin blong ya, tetap segala sesuatunya dilihat untuk diperhitungkan dengan matang,” ucap Sony.

Oleh sebab itu, Sony menyarankan, untuk lebih waspada ketika mobil hendak memasuki pintu tol saat melakukan transaksi.

Sebaiknya pengendara sambil memperhatikan kendaraan yang ada di belakang, serta menghindari atau jauhi jika terdapat kendaraan besar di belakang Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.