Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan, Lepas Pasang Aki Mobil Ada Aturannya

Kompas.com - 23/05/2021, 11:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hendak melakukan penggantian aki, tidak sedikit pemilik mobil yang melakukannya sendiri di rumah. Sebab, hal itu dinilai mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi, ada catatan tersendiri jika Anda ingin melakukan penggantian komponen penyimpanan energi listrik tersebut. Terutama saat melepas dan memasang kabel pada kedua kutub aki, yakni negatif dan positif.

Ketika melepas dan memasang aki, tidak boleh sembarang mencopot kabelnya saja. Tetapi, tahapannya juga harus benar, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau permasalahan lainnya.

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, saat mencopot aki dahulukan untuk melepas kabel yang ada di pole kutub negatif. Setelah itu baru melepas kabel di pole kutub positif.

“Sedangkan saat akan memasang, tahapan yang dilakukan berbalik, yakni pasang dulu kabel di pole positif, baru dilanjutkan dengan memasang kabel di pole negatif,” ujar Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Aki Mobil HellaAditya Maulana - Otomania Aki Mobil Hella

Didi menjelaskan, hal tersebut guna menghindari terjadinya korsleting listrik saat melakukan pemasangan. Sebab, jika melakukan pemasangan kabel aki didahulukan yang negatif, kemungkinan terjadinya korsleting listrik sangat besar.

“Maka dari itu, saat melakukan pelepasan maupun pemasangan harus diperhatikan benar tahapannya,” kata dia.

Baca juga: Uji Coba Road Bike, Lalu Lintas di JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang Direkayasa

Didi juga mengatakan, pada saat dipasang aki baru dan pemilik mobil merasakan getaran saat menghidupkan mesin, adalah hal yang wajar.

“Untuk menghilangkannya cukup dijalankan saja mobilnya sampai learing sendiri,” ucap Didi.

Terakhir Didi mengingatkan, saat melakukan penggantian aki sendiri di rumah baiknya pemilik mobil juga tidak lupa memperhatikan ukuran aki. Mulai dari voltase, ampere hingga dimensinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com