Kompas.com - 14/05/2021, 15:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor, harus terisi udara dengan tekanan sesuai anjuran demi kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, pengendara harus rutin memeriksa kondisi tekanan udara pada ban kendaraannya.

Dewasa ini penggunaan nitrogen untuk mengisi ban semakin umum dijumpai. Nitrogen diklaim memiliki poin plus dibanding udara biasa.

Salah satu kelebihan nitrogen adalah mampu menjaga kondisi ban jadi lebih awet. Apakah benar begitu?

Baca juga: Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Legacy SR2 XHD Prime

Zulpata Zainal selaku On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal membenarkan bahwa nitrogen memang mampu menjaga kondisi ban lebih awet.

"Bisa seperti itu (lebih awet), karena akan membuat tekanan udara lebih stabil dibandingkan pakai udara biasa," ungkap Zulpata saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).

Zulpata juga mengatakan bahwa nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibandingkan udara biasa. Ini menyebabkan tekanan udara dalam ban bisa lebih terjaga, tidak mudah menyusut atau berkurang.

Baca juga: DFSK Buka Layanan Darurat di Musim Libur Lebaran

Selain itu, kelebihan lain dari nitrogen adalah mampu menjaga temperatur ban lebih stabil.

"Temperatur ban saat menggunakan nitrogen juga lebih stabil jika dipakai jalan jauh," kata Zulpata menambahkan.

Dengan berbagai kelebihan yang telah dijabarkan tersebut, dapat dikatakan benar bahwa penggunaan nitrogen bisa membuat ban lebih awet dibanding jika diisi dengan udara biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.