Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Nitrogen Bisa Bikin Ban Lebih Awet

Kompas.com - 14/05/2021, 15:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor, harus terisi udara dengan tekanan sesuai anjuran demi kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, pengendara harus rutin memeriksa kondisi tekanan udara pada ban kendaraannya.

Dewasa ini penggunaan nitrogen untuk mengisi ban semakin umum dijumpai. Nitrogen diklaim memiliki poin plus dibanding udara biasa.

Salah satu kelebihan nitrogen adalah mampu menjaga kondisi ban jadi lebih awet. Apakah benar begitu?

Baca juga: Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Legacy SR2 XHD Prime

Zulpata Zainal selaku On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal membenarkan bahwa nitrogen memang mampu menjaga kondisi ban lebih awet.

"Bisa seperti itu (lebih awet), karena akan membuat tekanan udara lebih stabil dibandingkan pakai udara biasa," ungkap Zulpata saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).

Zulpata juga mengatakan bahwa nitrogen memiliki molekul yang lebih besar dibandingkan udara biasa. Ini menyebabkan tekanan udara dalam ban bisa lebih terjaga, tidak mudah menyusut atau berkurang.

Baca juga: DFSK Buka Layanan Darurat di Musim Libur Lebaran

Selain itu, kelebihan lain dari nitrogen adalah mampu menjaga temperatur ban lebih stabil.

"Temperatur ban saat menggunakan nitrogen juga lebih stabil jika dipakai jalan jauh," kata Zulpata menambahkan.

Dengan berbagai kelebihan yang telah dijabarkan tersebut, dapat dikatakan benar bahwa penggunaan nitrogen bisa membuat ban lebih awet dibanding jika diisi dengan udara biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com